Senin, 04 Juni 2012 - 14:51:51 WIB
4 Cara Siasati Ongkos Kirim Online Shop
Diposting oleh : septian - Dibaca: 458 kali
Dalam dunia perdagangan online (e-commerce), istilah "ongkos kirim" atau yang populer dengan sebutan "ongkir" adalah salah satu elemen penting. Ada 4 alternatif strategi penyajian ongkir yang cerdas tapi mudah.
1. Ongkir Dirahasiakan (Call Us)
Melalui cara ini, si penjual menampilkan harga barang tetapi belum menampilkan biaya ongkos kirim di situs tempat ia berjualan. Tipe pertama ini cocok untuk penjual yang berdagang barang-barang unik, eksklusif dan berharga mahal seperti berlian atau mobil tua tapi langka. Kekurangan teknik ini adalah si penjual harus siap repot untuk menjawab panggilan yang masuk dari calon pembelinya.
2. Daftar Biaya Antar per Kota
Dalam strategi kedua ini, si penjual memajang biaya ongkir perkota atau tujuan. Dengan cara ini, si penjual menghendaki calon pembeli untuk melihat langsung biaya ongkos kirim dari barang yang akan dibelinya. Kelemahan cara kedua ini adalah terkesan tidak high tech kontras dengan konsep online yang diusung
3. Pukul Rata per Pulau
Si penjual sudah mematok langsung biaya ongkir per pulau, bukan per kota tujuan barang akan dikirimkan. Misalnya, biaya pengiriman di dalam wilayah pulau jawa dikenai Rp 10.000,- sementara untuk di luar jawa sebesar Rp 15.000,-. Cara ini seringkali dipakai oleh perusahaan-perusahaan media dalam menjual produk-produk mereka seperti majalah atau surat kabar ke pelosok Indonesia.
kekurangan teknik ini adalahcustomer akan merasa tidak adil. Misalnya, pengiriman barang ke Jakarta dan Surabaya sama-sama Rp 10 ribu, maka customer di Jakarta akan merasa dirugikan.
4. Free Ongkir
Perlu strategi khusus untuk mengimplementasikan teknik yang satu ini. Misalnya ambil biaya ongkir termahal dari yang mungkin terjadi (misalnya ongkir ke Papua), lalu masukkan biaya ini ke dalam harga pokok produksi produk-produk Anda. Tentunya kekurangan dari teknik ini adalah harga produk yang lebih tinggi dari biasanya.
Diposting oleh : septian - Dibaca: 458 kali
Dalam dunia perdagangan online (e-commerce), istilah "ongkos kirim" atau yang populer dengan sebutan "ongkir" adalah salah satu elemen penting. Ada 4 alternatif strategi penyajian ongkir yang cerdas tapi mudah.
1. Ongkir Dirahasiakan (Call Us)
Melalui cara ini, si penjual menampilkan harga barang tetapi belum menampilkan biaya ongkos kirim di situs tempat ia berjualan. Tipe pertama ini cocok untuk penjual yang berdagang barang-barang unik, eksklusif dan berharga mahal seperti berlian atau mobil tua tapi langka. Kekurangan teknik ini adalah si penjual harus siap repot untuk menjawab panggilan yang masuk dari calon pembelinya.
2. Daftar Biaya Antar per Kota
Dalam strategi kedua ini, si penjual memajang biaya ongkir perkota atau tujuan. Dengan cara ini, si penjual menghendaki calon pembeli untuk melihat langsung biaya ongkos kirim dari barang yang akan dibelinya. Kelemahan cara kedua ini adalah terkesan tidak high tech kontras dengan konsep online yang diusung
3. Pukul Rata per Pulau
Si penjual sudah mematok langsung biaya ongkir per pulau, bukan per kota tujuan barang akan dikirimkan. Misalnya, biaya pengiriman di dalam wilayah pulau jawa dikenai Rp 10.000,- sementara untuk di luar jawa sebesar Rp 15.000,-. Cara ini seringkali dipakai oleh perusahaan-perusahaan media dalam menjual produk-produk mereka seperti majalah atau surat kabar ke pelosok Indonesia.
kekurangan teknik ini adalahcustomer akan merasa tidak adil. Misalnya, pengiriman barang ke Jakarta dan Surabaya sama-sama Rp 10 ribu, maka customer di Jakarta akan merasa dirugikan.
4. Free Ongkir
Perlu strategi khusus untuk mengimplementasikan teknik yang satu ini. Misalnya ambil biaya ongkir termahal dari yang mungkin terjadi (misalnya ongkir ke Papua), lalu masukkan biaya ini ke dalam harga pokok produksi produk-produk Anda. Tentunya kekurangan dari teknik ini adalah harga produk yang lebih tinggi dari biasanya.
'4 Cara Siasati Onkos Kirim Online Shop':
Artikel Bisnis Lainnya
- Dlvr.it, Apa Itu?Fungsi utama Dlvr.it adalah untuk mem-publish rss feed situs atau blog Anda ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Google Buzz, MySpace, Status.Net, dan Tumblr. Fungsi utama yang ditawarkan oleh Dlvr.it ini sebenarnya sama persis dengan apa yang sudah ditawarkan oleh twitterfeed. ... Artikel Bisnis
- Tips Investasi Saham Bagi PemulaBerinvestasi di saham memang memberikan keuntungan besar sekaligus risiko yang besar pula. Karenanya investasi di saham lebih bagus kalau untuk tujuan jangka panjang. Lalu bagaimana dengan investor pemula yang ingin mencoba berinvestasi di instrumen ini? President Director of PT Schroders ... Artikel Bisnis
- 8 Strategi Bertahan dalam Bisnis Ada banyak orang yang sudah mendirikan bisnis, dan berhasil. Namun seiring perkembangan dunia usaha, pesaing banyak bermunculan dan keberadaan mereka memperbesar risiko usaha. Ada yang berhasil bertahan, ada juga yang gagal lalu kolaps dan hilang dari peredaran. Kemampuan bertahan ... Artikel Bisnis
- Sukses Padukan Seni Tato dalam Media Kulit Banting stir dan putar haluan, begitulah tekat I Nyoman Widiana Iswara, seorang pengusaha di bilangan Legian Kuta, Bali, menyikapi merosotnya kunjungan wisatawan mancanegara pascatragedi bom di kawasan itu. Bertahun-tahun lelaki asal Jimbaran ini telah menikmati hasil jerih payahnya di ... Artikel Bisnis
- Raup Rupiah dengan Kaca UkirDidik Wachyudi yang mengembangkan usaha ukir kaca dengan bendera Keramat Art Glass kini memiliki usaha lumayan besar. Bagi pria yang kini tinggal di Jalan Sucipto Situbondo ini, tidak mudah menapaki jalan menuju kesuksesan. “Pada 1995,saya sudah memulai usaha mebel,tapi pada 1998 ... Artikel Bisnis
Jual Beli Online