Hati-Hati Dalam Menetapkan Sebuah Merek

Hati-Hati Dalam Menetapkan Sebuah Merek

Jumat, 01 Juni 2012 - 10:48:58 WIB
artikel-bisnis Hati-Hati Dalam Menetapkan Sebuah Merek
Diposting oleh : septian    - Dibaca: 488 kali

Umumnya pelaku usaha pemula menganggap nama hanyalah sekedar identitas usaha. Untuk membedakan dengan usaha orang lain yang sejenis, maka dibuatlah nama usaha. Terlebih di Indonesia, penamaan badan usaha jauh dari kreatif. Misalnya dalam industi jasa biasanya memakai nama Mitra, Solusi, Informatika, Karya, Persada, Pratama, Citra, Abadi, Jaya, Lestari, dan sebagainya.

Apa akibatnya kita memilih nama usaha yang menggunakan kata-kata generik seperti yang sering dilakukan perusahaan Indonesia? Tentu saja usaha kita akan sulit untuk dikenal dan diingat. Apalagi jika produk yang dijual juga itu-itu saja, sama dengan yang lain. Sudah susah diingat, semakin mudah nama usaha kita dilupakan orang.

Lalu apakah ada tahapan yang seharusnya dilakukan untuk membuat sebuah nama usaha ataupun merk bisa menjadi besar, selalu diingat dan tidak sekedar nama? Tentu ada.. Berikut tahapannya:
1. Merumuskan Konsep Dibelakang Nama
Anda bisa memulai dengan pertanyaan mendasar, apa sesungguhnya kemampuan utama usaha Anda? Jika berjualan makanan, maka Anda ingin berjualan makanan seperti apa? Apakah makanan Sunda, Barat, Chinese Food? Kemudian Anda juga harus bisa menjawab, nilai apa kira-kira yang akan membuat pelanggan memilih produk yang dihasilkan usaha Anda ini? Apakah karena murah, apakah karena rasa makanan yang tidak bisa ditemukan ditempat lain, atau karena pengalaman hebat yang akan pelanggan alami jika menggunakan produk kita?

Dari dua hal itu saja sudah akan terbentang ide untuk merumuskan sebuah nama yang akan mudah diingat dan mewakili nilai yang ditawarkan oleh produk-produk yang dihasilkan usaha Anda. Misalnya usaha Anda akan menghasilkan produk busana muslimah yang anggun, cantik, dengan nilai utama yang ditawarkan adalah keunikan dan kenyamanannya, maka Anda bisa memilih nama dengan arti yang relevan dengan nilai yang ditawarkan tadi.

2. Melakukan Komunikasi
Dalam memilih nama usaha ataupun merk, yang harus dipahami adalah nama tersebut akan dikomunikasikan. Sehingga salah satu hal penting yang harus kita lakukan dalam melakukan pemilihan nama, adalah memastikan bahwa nama usaha yang kita berikan memiliki konotasi positif. Bisa jadi dalam bahasa Ibu kita, nama yang kita pilih sudah memiliki konotasi positif, namun ternyata di belahan bumi yang lain, nama tersebut mengandung konotasi negative.

3. Menjaga Nama
Tentu saja nama usaha kita tidak bekerja secara instan seperti sebuah ‘mantra’. Perlu sebuah upaya aktif supaya nama usaha kita semakin dikenal, bertahan dan semakin kuat dibenak pelanggan.

Semua itu dapat terjadi apabila ada totalitas tindakan yang mencerminkan nama yang kita bawa. Misalnya seseorang bernama ‘Rambo’ atau  ‘Janggo’ tentu harapan yang muncul di benak kita orang tersebut akan bersikap macho, jagoan, penuh aksi. Bagaimana misalnya ternyata orang dengan nama tersebut bersikap gemulai? Tentu tidak sesuai harapan kita.

Demikian pula nama usaha yang sudah kita rumuskan dan komunikasikan. Sebaik apapun nama tersebut, maka pada akhirnya kita perlu buktikan melalui tindakan yang setiap hari dilaksanakan oleh segenap tim kita.

Keselarasan antara konsep yang dicita-citakan, komunikasi verbal dan visual, serta tindakan nyata. Itulah yang akan membangun nama usaha kita, sehingga kelak menjadi besar dan selalu dikenang.

'Hati-Hati Dalam Menetapkan Sebuah Merek':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Cara Bijak Rekrut KaryawanMerintis sebuah bisnis seringkali dibarengi dengan kebutuhan tenaga kerja untuk menjalankan bisnis tersebut. Sementara memilih karyawan yang tepat, yang mampu berkinerja sesuai dengan yang diharapkan dalam arti loyal serta bertahan dalam jangka waktu yang lama bukanlah hal yang mudah. ... Artikel Bisnis

  • Kisah Jatuh Bangun Faber-CastellMenggambar menjadi salah satu kegiatan yang diajarkan kala kita duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK). Menggambar menjadi wadah untuk mengekspresikan keindahan alam, maupun menggambar apa saja yang ada di benak kita. Menggambar, mewarnai, juga menjadi hobi yang digunakan orang untuk melepas ... Artikel Bisnis

  • Maksimalkan Fungsi Marketing Anda Lewat 5 Langkah IniBerbicara mengenai strategi pemasaran, tentunya tidak bisa lepas dari kreativitas para pelaku usaha. Beragam cara maupun strategi dipilih para pelaku usaha untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumennya. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang memilih beberapa cara ekstrim untuk menarik ... Artikel Bisnis

  • Kalimat yang Lazim Ditemui dalam Business Plan Dalam business plan, bahasa yang digunakan memang bisa bervariasi. Namun, jika dicermati terdapat pola-pola tertentu yang menyampaikan maksud yang sama. Para investor berpengalaman mengetahui bagaimana memecahkan 'kode' tersebut.   Berikut adalah apa yang ... Artikel Bisnis

  • Toleransi KegagalanBahkan jika sebuah perusahaan menghindari bahaya yang biasa dihadapi startup dan berekspansi ke fase pertumbuhan, mempertahankan toleransi kegagalan merupakan hal yang tak kalah penting. Tingkat kegagalan yang dialami oleh entrepreneur sejak awal bisnis seharusnya sama tingkatannya dengan ... Artikel Bisnis


Jual Beli Online



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top