Jumat, 01 Juni 2012 - 15:39:13 WIB
Jadilah Teman Bagi Pelanggan Anda
Diposting oleh : septian - Dibaca: 684 kali
Bila selama ini kita lebih dominan menggunakan strategi pemasaran yang satu arah, bisa jadi konsumen akan cepat bosan dengan penawaran yang kita sampaikan. Tidaklah heran bila sebagian konsumen lebih memilih menghindari para sales maupun pelaku pasar, karena mereka mulai jenuh dan kurang respect dengan penawaran yang disampaikan. Oleh karena itu, sebelum Anda menawarkan sebuah produk atau jasa kepada calon konsumen, jadilah teman baik bagi mereka dan penuhi kebutuhan yang mereka perlukan.
Lalu, bagaimana caranya membangun hubungan yang baik dengan para konsumen?
Pertama, membangun hubungan personal sebelum menyampaikan penawaran. Pada dasarnya setiap konsumen tidak ingin menjadi sasaran empuk bagi para pelaku pasar yang berusaha menjual produk maupun jasa. Mereka lebih senang dengan pelaku pasar yang benar-benar care dengan konsumennya dan memahami kebutuhan serta keinginan yang ingin mereka penuhi. Karena itu, ada baiknya bila Anda membangun hubungan baik dengan calon konsumen sebelum akhirnya menawarkan sebuah produk maupun jasa.komunikasi pemasaran 200x163 Tips Menjadi Teman Yang Baik Bagi Konsumen
Kedua, hindari kesan menceramahi konsumen. Sebagai pelaku pasar maupun pelaku usaha, sebaiknya Anda menghindari sedini mungkin strategi pemasaran yang menggunakan komunikasi satu arah. Anggaplah konsumen sebagai sahabat dekat Anda, dan jalin komunikasi hangat (dua arah) dengan mereka agar konsumen bisa tertarik dengan penawaran yang Anda sampaikan dan merasa dihargai sebagai salah satu teman baik Anda.
Ketiga, jangan menonjolkan diri Anda dan menjatuhkan para pesaing. Ketika hendak menjual produk atau jasa, jangan pernah menonjolkan diri Anda dengan cara menjelekkan para pesaing yang ada. Meskipun strategi ini sering dijalankan para pelaku usaha, namun pada dasarnya para konsumen kurang menyukainya dan cenderung kurang percaya dengan kualitas produk yang ditawarkan.
Keempat, tangani setiap komplain konsumen dengan baik. Sebagai teman yang baik bagi setiap konsumen Anda, ketika mendapati sebuah komplain sebaiknya hadapilah dengan kepala dingin dan jadilah solusi terbaik bagi permasalahan mereka. Selesaikan segera dengan cara yang terbaik, agar kekecewaan mereka bisa segera terobati dan tidak menimbulkan permasalahan baru bagi perusahaan yang Anda jalankan.
Jadilah Teman Bagi Pelanggan Anda
Diposting oleh : septian - Dibaca: 684 kali
Bila selama ini kita lebih dominan menggunakan strategi pemasaran yang satu arah, bisa jadi konsumen akan cepat bosan dengan penawaran yang kita sampaikan. Tidaklah heran bila sebagian konsumen lebih memilih menghindari para sales maupun pelaku pasar, karena mereka mulai jenuh dan kurang respect dengan penawaran yang disampaikan. Oleh karena itu, sebelum Anda menawarkan sebuah produk atau jasa kepada calon konsumen, jadilah teman baik bagi mereka dan penuhi kebutuhan yang mereka perlukan.
Lalu, bagaimana caranya membangun hubungan yang baik dengan para konsumen?
Pertama, membangun hubungan personal sebelum menyampaikan penawaran. Pada dasarnya setiap konsumen tidak ingin menjadi sasaran empuk bagi para pelaku pasar yang berusaha menjual produk maupun jasa. Mereka lebih senang dengan pelaku pasar yang benar-benar care dengan konsumennya dan memahami kebutuhan serta keinginan yang ingin mereka penuhi. Karena itu, ada baiknya bila Anda membangun hubungan baik dengan calon konsumen sebelum akhirnya menawarkan sebuah produk maupun jasa.komunikasi pemasaran 200x163 Tips Menjadi Teman Yang Baik Bagi Konsumen
Kedua, hindari kesan menceramahi konsumen. Sebagai pelaku pasar maupun pelaku usaha, sebaiknya Anda menghindari sedini mungkin strategi pemasaran yang menggunakan komunikasi satu arah. Anggaplah konsumen sebagai sahabat dekat Anda, dan jalin komunikasi hangat (dua arah) dengan mereka agar konsumen bisa tertarik dengan penawaran yang Anda sampaikan dan merasa dihargai sebagai salah satu teman baik Anda.
Ketiga, jangan menonjolkan diri Anda dan menjatuhkan para pesaing. Ketika hendak menjual produk atau jasa, jangan pernah menonjolkan diri Anda dengan cara menjelekkan para pesaing yang ada. Meskipun strategi ini sering dijalankan para pelaku usaha, namun pada dasarnya para konsumen kurang menyukainya dan cenderung kurang percaya dengan kualitas produk yang ditawarkan.
Keempat, tangani setiap komplain konsumen dengan baik. Sebagai teman yang baik bagi setiap konsumen Anda, ketika mendapati sebuah komplain sebaiknya hadapilah dengan kepala dingin dan jadilah solusi terbaik bagi permasalahan mereka. Selesaikan segera dengan cara yang terbaik, agar kekecewaan mereka bisa segera terobati dan tidak menimbulkan permasalahan baru bagi perusahaan yang Anda jalankan.
'Jadilah Teman Bagi Pelanggan Anda':
Artikel Bisnis Lainnya
- Bagaimana Menjadi Entrepreneur Kreatif?Menjadi seorang pengusaha di zaman serba modern seperti sekarang ini ternyata tantangannya cukup besar. Tidak hanya persaingan pasarnya saja yang sekarang ini semakin ketat, namun serbuan kreativitas dari para competitor yang tak pernah berhenti menjadi salah satu tantangan besar bagi Anda untuk ... Artikel Bisnis
- Siapkan Bisnis Anda Dengan komputasi AwanSaat ini, pengimplementasian cloud di berbagai kawasan dunia mengalami peningkatan. Di Amerika Serikat, pemerintahan federal setempat sudah mengumumkan rencanya untuk mengurangi hampir separuh pusat data untuk beralih ke cloud. Bahkan Uni Eropa —di mana cloud masih terhalang undang-undang ... Artikel Bisnis
- 20 Langkah Tingkatkan ProduktifitasSalah satu elemen terfundamental yang harus dimiliki agar sukses yang ingin dicapai semakin cepat ter – realisir adalah produktivitas. Untuk mendapatkan produktivitas yang optimal maka Anda sebaiknya melakukan beberapa langkah berikut: 1. Restful. Agar produktivitas kerja bisa ... Artikel Bisnis
- Hati-Hati Dalam Menetapkan Sebuah MerekUmumnya pelaku usaha pemula menganggap nama hanyalah sekedar identitas usaha. Untuk membedakan dengan usaha orang lain yang sejenis, maka dibuatlah nama usaha. Terlebih di Indonesia, penamaan badan usaha jauh dari kreatif. Misalnya dalam industi jasa biasanya memakai nama Mitra, Solusi, ... Artikel Bisnis
- Cara Bijak Rekrut KaryawanMerintis sebuah bisnis seringkali dibarengi dengan kebutuhan tenaga kerja untuk menjalankan bisnis tersebut. Sementara memilih karyawan yang tepat, yang mampu berkinerja sesuai dengan yang diharapkan dalam arti loyal serta bertahan dalam jangka waktu yang lama bukanlah hal yang mudah. ... Artikel Bisnis
Jual Beli Online