Jumat, 01 Juni 2012 - 09:30:21 WIB
Maksimalkan Fungsi Marketing Anda Lewat 5 Langkah Ini
Diposting oleh : d4nu - Dibaca: 499 kali
Berbicara mengenai strategi pemasaran, tentunya tidak bisa lepas dari kreativitas para pelaku usaha. Beragam cara maupun strategi dipilih para pelaku usaha untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumennya. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang memilih beberapa cara ekstrim untuk menarik simpati para konsumen. Berikut adalah lima strategi pemasaran kreatif yang bisa Anda jalankan untuk mendapatkan banyak pelanggan.
1. Ciptakan sesuatu yang berbeda
Ketika yang lainnya mulai seragam, Anda pun harus tampil beda untuk mendapatkan perhatian khusus dari para konsumen. Contohnya saja seperti kesuksesan strategi pemasaran yang dijalankan restoran �Steak Kiloan� di Jakarta Timur, dimana mereka menjual steak berdasarkan berat daging (per kilogram), sehingga para pengunjung bisa memilih sendiri daging sapi yang akan mereka santap dan menyesuaikan ukurannya dengan perut serta kondisi kantong dompet masing-masing. Dengan konsep pemasaran yang terbilang unik (pertama di Indonesia) ini, tidak heran bila restoran Steak Kiloan tersebut selalu ramai dikunjungi konsumen dan mendatangkan omset penjualan yang cukup besar setiap harinya.
2. Menawarkan pemasaran kreatif melalui situs pertemanan
Merealisasikan ide pemasaran unik ternyata tidak hanya melalui dunia nyata saja. Namun Anda juga bisa menawarkan pemasaran kreatif melalui situs pertemanan (jejaring sosial) yang bisa dijangkau seluruh konsumen dengan mudah dan murah menggunakan jaringan internet. Bila restoran Steak Kiloan memberikan kebebasan bagi para konsumen untuk memilih ukuran daging sesuai dengan selera, pelaku bisnis Steak Hotel Holycow lebih memanfaatkan twitter untuk mempromosikan restorannya. Caranya yaitu dengan memberikan satu porsi tiramisu gratis pada setiap pelanggan yang mention @holycowsteak dalam tweetnya. Strategi tersebut cukuplah sukses, sehingga wajar adanya bila setiap hari para konsumen rela mengantri untuk menikmati seporsi steak hotel ala Holycow dan mendapatkan tiramisu gratis dari aktivitas mention yang mereka lakukan.
3. Rangkul beberapa kalangan untuk menjadi Brand Ambassador Anda
Tak bisa kita pungkiri bila kehadiran Brand Ambassador menjadi salah satu alat promosi yang cukup efektif. Dalam hal ini, tentunya Anda tidak harus menyewa artis terkenal dengan bayaran yang sangat mahal, namun Anda bisa memanfaatkan tokoh masyarakat ataupun orang-orang di sekitar Anda yang sekiranya memiliki prestasi cukup bagus sebagai duta produk Anda. Misalnya saja dengan menggandeng para atlet lokal, para pelajar yang memenangkan olimpiade sains tingkat dunia, dan lain sebagainya.
4. Libatkan peran aktif para konsumen
Selain menggandeng beberapa public figure sebagai brand ambassador produk Anda, selanjutnya Anda juga bisa melibatkan para konsumen untuk berperan aktif dalam menjalankan strategi promosi. Contohnya saja seperti strategi promosi produk kosmetik Pond�s melalui program promosinya Pond�s Make it Happen, sang produsen ingin membangun loyalitas konsumen dengan mengajak mereka untuk bisa mewujudkan mimpi atau cita-citanya bersama produk Pond�s.
5. Jadilah solusi bagi permasalahan konsumen Anda
Ketika memasarkan produk ataupun jasa, yang terpenting adalah pahami kebutuhan konsumen dan jadilah solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Strategi seperti ini bisa Anda lihat dari iklan produk baru Unilever �Pure it� (pemurni air) untuk keluarga yang menggunakan teknologi canggih, sehingga bisa menghasilkan air minum yang aman dikonsumsi tanpa perlu membutuhkan bahan bakar gas maupun listrik. (*ian)
Maksimalkan Fungsi Marketing Anda Lewat 5 Langkah Ini
Diposting oleh : d4nu - Dibaca: 499 kali
Berbicara mengenai strategi pemasaran, tentunya tidak bisa lepas dari kreativitas para pelaku usaha. Beragam cara maupun strategi dipilih para pelaku usaha untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumennya. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang memilih beberapa cara ekstrim untuk menarik simpati para konsumen. Berikut adalah lima strategi pemasaran kreatif yang bisa Anda jalankan untuk mendapatkan banyak pelanggan.
1. Ciptakan sesuatu yang berbeda
Ketika yang lainnya mulai seragam, Anda pun harus tampil beda untuk mendapatkan perhatian khusus dari para konsumen. Contohnya saja seperti kesuksesan strategi pemasaran yang dijalankan restoran �Steak Kiloan� di Jakarta Timur, dimana mereka menjual steak berdasarkan berat daging (per kilogram), sehingga para pengunjung bisa memilih sendiri daging sapi yang akan mereka santap dan menyesuaikan ukurannya dengan perut serta kondisi kantong dompet masing-masing. Dengan konsep pemasaran yang terbilang unik (pertama di Indonesia) ini, tidak heran bila restoran Steak Kiloan tersebut selalu ramai dikunjungi konsumen dan mendatangkan omset penjualan yang cukup besar setiap harinya.
2. Menawarkan pemasaran kreatif melalui situs pertemanan
Merealisasikan ide pemasaran unik ternyata tidak hanya melalui dunia nyata saja. Namun Anda juga bisa menawarkan pemasaran kreatif melalui situs pertemanan (jejaring sosial) yang bisa dijangkau seluruh konsumen dengan mudah dan murah menggunakan jaringan internet. Bila restoran Steak Kiloan memberikan kebebasan bagi para konsumen untuk memilih ukuran daging sesuai dengan selera, pelaku bisnis Steak Hotel Holycow lebih memanfaatkan twitter untuk mempromosikan restorannya. Caranya yaitu dengan memberikan satu porsi tiramisu gratis pada setiap pelanggan yang mention @holycowsteak dalam tweetnya. Strategi tersebut cukuplah sukses, sehingga wajar adanya bila setiap hari para konsumen rela mengantri untuk menikmati seporsi steak hotel ala Holycow dan mendapatkan tiramisu gratis dari aktivitas mention yang mereka lakukan.
3. Rangkul beberapa kalangan untuk menjadi Brand Ambassador Anda
Tak bisa kita pungkiri bila kehadiran Brand Ambassador menjadi salah satu alat promosi yang cukup efektif. Dalam hal ini, tentunya Anda tidak harus menyewa artis terkenal dengan bayaran yang sangat mahal, namun Anda bisa memanfaatkan tokoh masyarakat ataupun orang-orang di sekitar Anda yang sekiranya memiliki prestasi cukup bagus sebagai duta produk Anda. Misalnya saja dengan menggandeng para atlet lokal, para pelajar yang memenangkan olimpiade sains tingkat dunia, dan lain sebagainya.
4. Libatkan peran aktif para konsumen
Selain menggandeng beberapa public figure sebagai brand ambassador produk Anda, selanjutnya Anda juga bisa melibatkan para konsumen untuk berperan aktif dalam menjalankan strategi promosi. Contohnya saja seperti strategi promosi produk kosmetik Pond�s melalui program promosinya Pond�s Make it Happen, sang produsen ingin membangun loyalitas konsumen dengan mengajak mereka untuk bisa mewujudkan mimpi atau cita-citanya bersama produk Pond�s.
5. Jadilah solusi bagi permasalahan konsumen Anda
Ketika memasarkan produk ataupun jasa, yang terpenting adalah pahami kebutuhan konsumen dan jadilah solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Strategi seperti ini bisa Anda lihat dari iklan produk baru Unilever �Pure it� (pemurni air) untuk keluarga yang menggunakan teknologi canggih, sehingga bisa menghasilkan air minum yang aman dikonsumsi tanpa perlu membutuhkan bahan bakar gas maupun listrik. (*ian)
'Maksimalkan Fungsi Marketing Anda Lewat 5 Langkah Ini':
Artikel Bisnis Lainnya
- Kalimat yang Lazim Ditemui dalam Business Plan Dalam business plan, bahasa yang digunakan memang bisa bervariasi. Namun, jika dicermati terdapat pola-pola tertentu yang menyampaikan maksud yang sama. Para investor berpengalaman mengetahui bagaimana memecahkan 'kode' tersebut. Berikut adalah apa yang ... Artikel Bisnis
- Toleransi KegagalanBahkan jika sebuah perusahaan menghindari bahaya yang biasa dihadapi startup dan berekspansi ke fase pertumbuhan, mempertahankan toleransi kegagalan merupakan hal yang tak kalah penting. Tingkat kegagalan yang dialami oleh entrepreneur sejak awal bisnis seharusnya sama tingkatannya dengan ... Artikel Bisnis
- 5 Jebakan Akunting Fatal Bagi UKMMenjalankan bisnis berarti si pemilik akan �dipaksa� untuk melakukan beberapa peran sekaligus. Tanggung jawab yang mereka pikul juga bervariasi dan bisa menuntut dalam waktu yang bersamaan. Pemilik bisnis kecil sering merasa tak berdaya karena harus ... Artikel Bisnis
- Modal Minim, Kini Bubur Bebi-Luck Beromzet Puluhan Juta Hanya dengan modal Rp200.000, pemilik usaha bubur bayi Bebi-Luck kini berhasil mengantongi omzet Rp80 juta per hari. Hebatnya lagi, bisnis yang dikelola oleh Nadya Juwita Ayu itu baru berjalan tiga tahun. Besarnya omzet yang diperoleh Nadya, jelas bukan datang begitu saja. Tentu ada ... Artikel Bisnis
- Sampah Kerang Hasilkan Rp 200 Juta Per BulanSampah hasil laut belum banyak dimanfaatkan secara ekonomis, padahal sampah laut seperti kerang jika dibuat berbagai produk unik, sangat menjanjikan untuk peluang bisnis. Contohnya industri lampu kerang yang ditekuni oleh Rozi keluarganya sejak tahun 2005. Berawal dari niat untuk ... Artikel Bisnis
Jual Beli Online