5 Langkah Menjaga Kualitas Layanan

5 Langkah Menjaga Kualitas Layanan

Selasa, 03 Juli 2012 - 10:02:31 WIB
artikel-bisnis 5 Langkah Menjaga Kualitas Layanan
Diposting oleh : septian    - Dibaca: 410 kali

Bisnis ritel memiliki dunia yang sangat dinamis, kompetitif, dan penuh tantangan baik bagi karyawan maupun si pemiliknya. Dalam bisnis ritel, layanan pelanggan menjadi masalah nomor satu yang harus selalu dijaga kualitasnya. Kemudian bagaimana cara untuk menjaga kualitas layanan tersebut tetap di level tertinggi? Berikut beberapa tipsnya:

1. Merekrut orang-orang yang tepat

Pakailah selalu prinsip the right man on the right place dalam proses rekrutmen ini untuk memastikan kesesuaian kualitas individu dengan bidang yang akan ia geluti.

2. Berikan pelatihan yang berkelanjutan

Pelatihan menjadi senjata utama untuk meningkatkan kualitas SDM di suatu perusahaan ritel. Pelatihan dimulai dari proses induksi kepada karyawan baru dan berlanjut ke pelatihan lainnya yang berfokus pada layanan pelanggan. Dengan adanya training yang berkelanjutan diharapkan para karyawan akan merasa lebih percaya diri dan mencapai potensi dalam diri mereka.

3. Meminimalkan tugas

Karena fokus utama suatu tim dalam bisnis ritel adalah layanan pelanggan maka jangan terlalu membebani tim Anda untuk melaksanakan tugas lain seperti melakukan tugas visual merchandising, mengurus email, dan lainnya. Tentukan porsi pekerjaan dan fokus utama untuk tim Anda.

4. Integritas yang kuat

Budaya layanan pelanggan bermula dari atas. Semua tindakan dan kata-kata harus merefleksikan visi setiap orang yang ada dalam perusahaan. Dari kebijakan dan manual prosedur, program industri, memo dari kantor pusat dan kunjungan lapangan. Semua hal diatas tersebut harus merefleksikan mengutamakan pelanggan disetiap saat.

5. Penghargaan atas pelayanan

Saat semua target terpenuhi jangan segan untuk memberikan penghargaan kepada tim. Ini akan membangun kepercayaan diri dan motivasi yang lebih tinggi lagi bagi tim Anda. (*/dari berbagai sumber)
'5 Langkah Menjaga Kualitas Layanan':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Pentingnya Empati Pada EntrepreneurJika perusahaan Anda tengah mencari celah untuk berinovasi, jangan buang waktu untuk menganalisis laporan penelitian pasar dan tenggelam dalam lautan data pelanggan. Apa yang pelanggan katakan akan mereka lakukan bukan hanya apa yang mereka akhirnya akan lakukan. Namun lebih dari itu, Anda coba ... Artikel Bisnis

  • Tips Hadapi Keluhan Pelanggan di TwitterTwitter saat ini sudah kian diandalkan oleh perusahaan untuk lebih dekat dengan para pelanggan. Hanya saja, terkadang keberadaan akun produk atau perusahaan di Twitter malah dijadikan kambing hitam, memang tentu masih ada keluhan dari pelanggan yang memang rasional sehingga perlu penanganan ... Artikel Bisnis

  • Pentingnya Fungsi PR Bagi Sebuah BisnisPublic relations (PR) alias hubungan masyarakat (humas) merupakan bagian organisasi di perusahaan yang fungsinya lebih dari sekadar kontrol ketika bisnis mengalami kesulitan. PR juga merupakan pendekatan umum dalam rencana pemasaran suatu bisnis. Keberadaan PR sangat penting dalam menentukan ... Artikel Bisnis

  • Gledur, Alat Unik Membuat Sawah Lebih ProduktifPenggunaan pupuk bagi petani saat ini dirasa masih kurang efektif dan efisien. Pupuk terlalu banyak digunakan, namun hasil panen tidak maksimal dan efek pupuk bahkan menjadi perusak lingkungan sekitar. Amir Notoyudo, pria asal Rawabelong, Jakarta Barat ini berhasil menemukan sebuah alat untuk ... Artikel Bisnis

  • Hal-Hal Penting Dalam Memilih SoftwareMemilih software bisnis yang tepat turut menyumbang keberhasilan bisnis Anda. Software bisnis melakukan banyak proses dengan otomatis sehingga sangat menghemat waktu dan efisien. Anda harus menentukan jenis software apa yang tepat bagi bisnis Anda seperti akunting, manajemen proyek, sumber daya ... Artikel Bisnis


Jual Beli Online



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top