Selasa, 10 Juli 2012 - 09:33:32 WIB
Sesuaikan Packaging Produk Anda Sesuai Pasar
Diposting oleh : septian - Dibaca: 720 kali
Kemasan produk merupakan salah satu hal yang paling awal terlihat oleh konsumen, dan selanjutnya akan menentukan ketertarikan konsumen untuk membeli produk tersebut. Dengan sendirinya, produk yang kurang dikemas dengan baik tentu menjadi kurang dilirik konsumen.
Kemasan yang cantik dan mendukung produk juga berfungsi sebagai icon yang bisa membuat pelanggan selalu ingat dengan produk yang dijual. Ketika memilih kemasan produk, ada beberapa yang harus diingat, antara lain:
1. Target pasar
Ketika memutuskan untuk menjual produk, pasti Anda sudah memiliki pangsa pasar. Penentuan target market bisa menentukan jenis dan model kemasan yang sesuai untuk produk yang akan dijual.
Kemasan produk yang ditujukan untuk anak-anak, anak muda, dan orangtua, pasti sangat jauh berbeda. Dengan mengenali target pasar yang akan disasar, Anda akan mengetahui desain kemasan yang sesuai untuk masing-masing kalangan usia. Model dan jenis kemasan yang tidak sesuai dengan target pasar yang dituju akan membuat penjualan produk menjadi kurang maksimal.
2. Ergonomis
Selain produk yang menarik, kemasan pun harus dibuat semenarik mungkin atau eye catching. Produk yang menarik mata, dengan warna dan desain yang unik, akan menarik buat konsumen. Kemasan juga harus punya nilai ergonomis, yang menonjolkan kenyamanan untuk konsumen maupun penjualnya.
Kenyamanan kemasan produk merupakan hal yang dicari konsumen, karena memudahkan konsumen untuk menikmati produknya. Selain itu, produk yang ergonomis juga praktis, mudah dibawa, nyaman dipegang, dan lain sebagainya.
3. Ciri khas
Sampai saat ini, sudah banyak jenis dan model kemasan yang menarik. Untuk lebih menarik konsumen, sebaiknya pilih kemasan yang berbeda dan unik. Jika perlu, jadikan kemasan produk menjadi salah satu ciri khas dari produk yang dijual. Bentuk kemasan yang unik dan berbeda bisa membuat pelanggan jadi selalu ingat, bahkan menjadikan produk tersebut ikon dari produk sejenisnya.
4. Ukuran
Sesuaikan ukuran kemasan dengan ukuran produk yang dijual. Hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil agar produk tak rusak, dan sesuaikan juga dengan kebutuhan konsumen.
5. Special pack
Tak lengkap rasanya menjual produk dengan kemasan yang menarik tanpa memberikan promosi apapun. Cobalah untuk jeli melihat keadaan dan momen acara besar yang sedang terjadi. Misalnya saat momen hari raya, tak ada salahnya untuk memberikan special pack dengan warna, desain, sampai penawaran promo yang menarik. (*/Kompas.com)
Diposting oleh : septian - Dibaca: 720 kali
Kemasan produk merupakan salah satu hal yang paling awal terlihat oleh konsumen, dan selanjutnya akan menentukan ketertarikan konsumen untuk membeli produk tersebut. Dengan sendirinya, produk yang kurang dikemas dengan baik tentu menjadi kurang dilirik konsumen.
Kemasan yang cantik dan mendukung produk juga berfungsi sebagai icon yang bisa membuat pelanggan selalu ingat dengan produk yang dijual. Ketika memilih kemasan produk, ada beberapa yang harus diingat, antara lain:
1. Target pasar
Ketika memutuskan untuk menjual produk, pasti Anda sudah memiliki pangsa pasar. Penentuan target market bisa menentukan jenis dan model kemasan yang sesuai untuk produk yang akan dijual.
Kemasan produk yang ditujukan untuk anak-anak, anak muda, dan orangtua, pasti sangat jauh berbeda. Dengan mengenali target pasar yang akan disasar, Anda akan mengetahui desain kemasan yang sesuai untuk masing-masing kalangan usia. Model dan jenis kemasan yang tidak sesuai dengan target pasar yang dituju akan membuat penjualan produk menjadi kurang maksimal.
2. Ergonomis
Selain produk yang menarik, kemasan pun harus dibuat semenarik mungkin atau eye catching. Produk yang menarik mata, dengan warna dan desain yang unik, akan menarik buat konsumen. Kemasan juga harus punya nilai ergonomis, yang menonjolkan kenyamanan untuk konsumen maupun penjualnya.
Kenyamanan kemasan produk merupakan hal yang dicari konsumen, karena memudahkan konsumen untuk menikmati produknya. Selain itu, produk yang ergonomis juga praktis, mudah dibawa, nyaman dipegang, dan lain sebagainya.
3. Ciri khas
Sampai saat ini, sudah banyak jenis dan model kemasan yang menarik. Untuk lebih menarik konsumen, sebaiknya pilih kemasan yang berbeda dan unik. Jika perlu, jadikan kemasan produk menjadi salah satu ciri khas dari produk yang dijual. Bentuk kemasan yang unik dan berbeda bisa membuat pelanggan jadi selalu ingat, bahkan menjadikan produk tersebut ikon dari produk sejenisnya.
4. Ukuran
Sesuaikan ukuran kemasan dengan ukuran produk yang dijual. Hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil agar produk tak rusak, dan sesuaikan juga dengan kebutuhan konsumen.
5. Special pack
Tak lengkap rasanya menjual produk dengan kemasan yang menarik tanpa memberikan promosi apapun. Cobalah untuk jeli melihat keadaan dan momen acara besar yang sedang terjadi. Misalnya saat momen hari raya, tak ada salahnya untuk memberikan special pack dengan warna, desain, sampai penawaran promo yang menarik. (*/Kompas.com)
'Sesuaikan Packaging Produk Anda Sesuai Pasar':
Artikel Bisnis Lainnya
- Langkah - Langkah Duduki Laman Pertama di GoogleJangan berharap menduduki laman hasil pencarian pertama di Google tanpa bekerja keras melalui teknik SEO yang baik. Sejak Google memberikan perhatian yang lebih besar pada hasil pencarian yang beragam, kini Anda yang memiliki bisnis online juga harus mempertimbangkan untuk membuat video agar makin ... Artikel Bisnis
- Meminta Tolong Tanpa Terlihat BodohSangat sering kita jumpai para manajer yang membuat kesalahan karena mereka cemas saat ditanya dan dimintai bantuan. Karena tak mengetahui secara persis bagaimana caranya untuk melakukan sesuatu yang mungkin memalukan tetapi tidak bersedia untuk bertanya dan meminta bantuan, sebagian orang justru ... Artikel Bisnis
- Skema Bisnis Online yang Harus DiperhatikanDalam dunia periklanan online, terdapat berbagai skema pembayaran antara pemilik situs dan pengiklan. Skema itu disusun berdasarkan aksi atau interaksi pengunjung terhadap apanyang dilakukannya di situs bersangkutan. Terdapat sejumlah skema yang bisa Anda pilih sebagai pelaku bisnis ... Artikel Bisnis
- Trik Raih Pasar Luar Negeri di Dunia MayaInternet adalah sebuah jaringan komputer dunia, yang tidak mengenal batas antara negara. Kita bisa terhubung dengan siapa saja di belahan dunia lain melalui Internet dengan begitu mudahnya. Dengan karakter seperti itu, semestinya Internet dapat dimanfaatkan sebagai medium untuk ... Artikel Bisnis
- Alasan Mengapa Indonesia Tempat Investasi Properti Terbaik di Dunia Kebijakan Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunga acuan alias BIrate hingga level terendah pada November 2011 lalu akan menjadi bahan bakar penggerak bisnis properti di Tanah Air. Dengan BI rate hanya 6%, banyak pihak memperkirakan, pasar properti di Indonesia bakal booming ... Artikel Bisnis
Jual Beli Online