Peran Vital Komunikasi dalam Sebuah Usaha

Peran Vital Komunikasi dalam Sebuah Usaha

Kamis, 09 Agustus 2012 - 09:34:32 WIB
artikel-bisnis Peran Vital Komunikasi dalam Sebuah Usaha
Diposting oleh : d4nu    - Dibaca: 713 kali

Mudah bagi pemimpin untuk meyakini bahwa mereka sudah dengan baik mengkomunikasikan sesuatu, biasanya dengan cara menyampaikan pidato, sebuah memo, serangkaian email atau rencana kegiatan yang didiskusikan dengan manajemen senior yang kini harus mengalir ke bawah ke semua level dalam perusahaan.

kom_bis0987Komunikasi jenis ini hampir selalu tidak cukup untuk menanamkan sebuah gagasan dalam kesadaran sebuah perusahaan. Untuk meraih ini diperlukan komunikasi yang konsisten dan konstan.

Carly Fiorina, mantan CEO dan pimpinan Hewlett Packard, yang melihat merger Hewlett Packard dengan perusahaan manufaktur komputer Compaq menggarisbawahi bahwa perubahan membutuhkan komunikasi yang lebih intens daripada yang sebelumnya dibayangkan.

“Perubahan, terutama perubahan sistem kerangka perusahaan secara menyeluruh membutuhkan komunikasi yang tulus, jelas, terus menerus, konsisten dan bisa dilakukan di mana saja. Karena orang mendengar pesan-pesan yang saling berkompetisi atau menolak pesan itu, atau tidak mendengarnya sama sekali, aturan praktis yang saya anut ialah bahwa perubahan nyata umumnya membutuhkan 10 kali dari jumlah komunikasi yang awalnya direncanakan. Maka dari itu saya menggunakan setiap forum, setiap pidato, setiap tempat acara untuk mengkomunikasikan ide dengan para karyawan HP. Tidak peduli siapa yang saya ajak bicara, tidak peduli di mana saya berpijak di dunia ini, saya selalu berbicara dengan para karyawan HP.”

Profesor Harvard Business School dan penulis mengenai topik kepemimpinan, John Kotter, mengemukakan pendapatnya bahwa komunikasi harus mencakup semua bagian perusahaan.

“Atasan, teman sejawat, staf dalam bagian lain perusahaan, para pemasok, pegawai pemerintahan, atau bahkan pelanggan. Siapa pun yang dibutuhkan dalam membantu implementasi visi dan strategi atau siapa pun dalam jabatan yang bisa menghalangi implementasi adalah orang-orang yang perlu diajak berkomunikasi.”

Martha Lane Fox, salah seorang pendiri LastMinute.com menyatakan bahwa unsur penting kepemimpinan ialah “kinerja” – tampil di depan orang, berbicara di depan mereka sebanyak yang Anda bisa dan melibatkan mereka dengan proyek keseluruhan.

“Kepemimpinan dan entrepreneurship hebat sangat erat hubungannya dengan pelaksanaan. Saya selalu percaya bahwa Anda harus mengumpulkan sebanyak mungkin orang, sesering mungkin dan memberitahu mereka sebanyak mungkin. Sebeum kami mengubah diri dari perusahaan swasta menjadi perusahaan publik, saya biasanya berdiri di atas meja untuk berbicara pada seluruh tim. Kami makan kue dan saya jelaskan apa yang terjadi selama minggu itu. Kegiatan tersebut mengirimkan pesan melalui perusahaan dan mebuat orang merasa sangat positif.”

Para pemimpin tidak pernah bisa berasumsi bahwa sebuah komunikasi yang penting telah mencapai setiap bagian perusahaan yang memiliki relevansi. Komunikasi prinsip-prinsip, ide dan arahan yang sangat penting harus diulangi secara terus menerus. Dalam setiap interaksi denga kolega, pemimpin harus menyampaikan pesan-pesan kunci ke pihak-pihak yang berkepentingan secara langsung. Wawancara dengan media, atau presentasi di depan organisasi selain perusahaan juga menjadi cara berkomunikasi dengan para kolega. Orang-orang yang harus mengetahui perubahan signifikan tak hanya mencakup para kolega, tetapi juga audiens yang lebih luas yaitu pemangku kepentingan dan sosok berpengaruh yang potensial. Beritahukan pada tim Anda sebanyak yang Anda bisa, sesering yang Anda bisa. Dengan begitu, mereka akan selalu merasa terlibat, termotivasi dan terinspirasi. (*/Akhlis)

'Peran Vital Komunikasi dalam Sebuah Usaha ':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Rajai Binis Travel ala CipagantiRencana Cipaganti melakukan go public tidak datang begitu saja. Jalan panjang mewarnai sejumlah aksi korporasi untuk membesarkan perusahaan yang berbasis di Bandung ini. Berdiri tahun 1985, Cipaganti Group mengawali usaha dari skala rumahan jual beli mobil bekas dengan nama Cipaganti ... Artikel Bisnis

  • Biznet Technovillage Siap Tampung Entrepreneur UKM   Ciputra Entrepreneurship News, Cimanggis: Dengan makin mahal dan penuh sesaknya ruang perkantoran dan bisnis di Ibu Kota, sejumlah pihak kini berupaya untuk melirik dan perlahan menyebarkan atau memindahkan kegiatan bisnis mereka di area luar Jakarta. Salah satunya ... Artikel Bisnis

  • Menyiasati Biaya Mudik Lebaran identik dengan perjalanan mudik atau pulang kampung. Banyak warga kota yang berbondong-bondong meningkatkan Ibu Kota tempat mencari nafkah dan memboyong semua keluarga ke kampung halaman. Kejadian unik yang hanya terjadi di Indonesia ini mengakibatkan sepinya ibukota dan ... Artikel Bisnis

  • Wujudkan Keamanan Finansial di Hari Tua Apakah Anda sudah merasa puas dengan kondisi finansial saat ini? Atau malah ingin menambahnya? Banyak orang yang sudah merasa puas dengan kondisi keuangannya saat ini hingga akhirnya lupa untuk menyiapkan dana pensiun. Menurut Don Green, salah satu ahli keuangan internasional, ... Artikel Bisnis

  • Michelle Mone, Desainer Sukses Pemilik Brand "Ultimo" Michelle Mone lahir di tahun 1971 dan tumbuh di East End di Glasgow. Ia meninggalkan sekolah di usia 15 untuk menjadi seorang model tetapi karirnya berakhir setelah ia hamil dengan anak pertamanya dan menikah. Ia kemudian menemukan pekerjaan marketing dengan pembuat bir ... Artikel Bisnis


Jual Beli Online



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top