Tips Bisnis ala Pemilik Ritel Besar dari AS

Tips Bisnis ala Pemilik Ritel Besar dari AS

Rabu, 15 Agustus 2012 - 10:19:42 WIB
artikel-bisnis Tips Bisnis ala Pemilik Ritel Besar dari AS
Diposting oleh : d4nu    - Dibaca: 352 kali

CE-logoJames (Jim) Sinegal, pemilik toko ritel terbesar kelima di Amerika Serikat dan terbesar ke-11 di dunia, Costco, memberikan delapan tips untuk para enterpreneur yang ingin terjun dalam bisnis ritel.

Seperti dikutip dalam laman Youngentrepreneur.com, Jim menjelaskan kesuksesan Costco mencapai laba bersih sebesar US$1,09 miliar pada 2009 lalu.

Hal itu, menurutnya, disebabkan karena Costco menawarkan harga lebih rendah dan lebih baik dibandingkan toko ritel lainnya karena menghilangkan biaya operasional toko ritel konvensional seperti tenaga penjual, bangunan yang mewah, hingga layanan pengiriman.

Costco mencetak rekor dengan penjualan yang tumbuh dari nol ke US$3 miliar dalam kurang dari enam tahun. Tahun fiskal 31 Desember 2009, total penjualan perusahaan mencapai US$71,42 miliar dengan keuntungan bersih US$1,09 miliar. Pada 2010 lalu, Costco berada di urutan 25 Fortune 500.

Berikut 8 tips dari Jim Sinegal:

1. Jadikan kosumen sebagai raja
Hal ini adalah wajib. Harga jual roti hot dog di Costco sebesar US$1,5 per potong tidak pernah berubah selama 15 tahun. Untuk menjaga agar harga hot dog tetap murah, Costco membuat sendiri roti dan daging sehingga satu potong hot dog Costco 100 persen produk hasil Costco.

"Terlepas dari kenyataan bahwa sebagian besar pelanggan tidak menghiraukan kenaikan harga yang lambat, tetapi tidak menaikkan harga akan membuat konsumen menjadi loyal," katanya.

2. Buang yang tidak perlu
Toko ritel Costco berkonsep gudang dengan lantai beton dan berbentuk kotak sehingga tidak memerlukan biaya lebih untuk dekorasi. Buatlah toko Anda dengan rak sederhana, namun kokoh agar konsumen dapat dengan nyaman menarik barang keluar dari rak.

3. Hilangkan layanan antar
Dengan menghilangkan layanan antar dan mengajak konsumen untuk membawa sendiri barang belanjaannya, seperti meja rias ke rumahnya, konsumen dapat menghemat biaya hingga ratusan dolar. Dalam setiap toko, Costco hanya menyediakan keranjang besar beroda untuk memudahkan dalam memasukkan barang ke mobil konsumen.

4. Tawarkan barang terbaik ke konsumen
Sebagai penjual yang baik, Anda harus menawarkan barang terbaik yang Anda jual tapi dengan harga yang murah kepada konsumen. Hal ini membuat konsumen menjadi loyal berbelanja di toko anda.

5. Buat merek sendiri
Salah satu keberhasilan Costco adalah membuat merek sendiri, Kirkland. Produk ini merupakan keputusan terbaik, karena merek Kirkland menawarkan kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan barang sejenis tapi dengan harga yang lebih murah.

6. Menghargai karyawan
Saat ini, Costco mempekerjakan sekitar 142 ribu pekerja penuh dan paruh waktu dan Jim selaku pemilik Costco selalu memperhatikan kondisi karyawannya. Costco memberikan asuransi medis dan subsidi kesehatan untuk keluarga karyawan .

Selain asuransi, Costco selalu mengutamakan promosi karyawan yang telah lama bekerja dari bawah daripada membajak dari perusahaan lain. "Sebagian besar manajer Costco pada awalnya merupakan staf karyawan toko," katanya.

7. Meningkatkan kemampuan suplier
Berbeda dengan toko ritel lainnya, Costco selalu membantu para suplier untuk menjalankan bisnis suplier lebih baik. Perusahaan memiliki komitmen agar para suplier mengembangkan diri untuk memasok barang-barang lain.

8. Tidak lupa kacang kepada kulitnya
Walaupun Costco telah berkembang pesat selama beberapa dekade terakhir, filosofi dan nilai Costco tidak pernah berubah semenjak perusahaan ini didirikan. (*/VIVA.co.id)

'Tips Bisnis ala Pemilik Ritel Besar dari AS':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Sistem Komputasi UKM Rentan Terserang VirusSistem komputasi Usaha Kecil Menengah (UKM) paling rentan mendapat serangan dari malware terhadap data yang dimiliki. Business Manager Tren Mikro Aulia Huriadi mengatakan pemicu dari rentannya UKM adalah penggunaan mobile device untuk melakukan aktivitas komputasi. "Mobile device ... Artikel Bisnis

  • Strategi Penentuan Harga Terdapat berbagai cara dalam menentukan harga. Masing-masing cara tersebut digunakan di situasi yang berbeda. Pasalnya, harga merupakan faktor yang menentukan dalam menentukan sukses bisnis Anda. Penentuan harga yang optimal tidak hanya tergantung pada ongkos produksi yang Anda keluarkan ... Artikel Bisnis

  • Kunci Sukses Menguasai PasarSaat ini persaingan bisnis semakin ketat. Untuk itu perlu bagi para pelaku bisnis dalam menyusun strategi handal dalam memenangi pasar. Konsultan Marketing Simon Jonatan mengungkapkan dalam rangka memenangi pasar di tengah dunia yang terus berubah karena globalisasi terdapat setidaknya ... Artikel Bisnis

  • Strategi Khusus dalam Berbisnis Meraih sebuah kesuksesan dalam menjalankan sebuah usaha tentu membutuhkan tekad yang kuat, mental, dan didukung dengan kerja keras dari para pelakunya. Tanpa adanya dukungan tersebut, bisa dipastikan bisnis yang dijalankan tidak bisa bertahan lama menghadapi persaingan dari kompetitor ... Artikel Bisnis

  • Resep Membuat Merek Anda Konsisten Brand atau merek merupakan ciri yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis orang lain. Merek menunjukkan konsep dan cara Anda melakukan suatu bisnis. Lebih dari itu, merek juga merupakan cara Anda dalam berkomunikasi dengan dunia. Ibarat memasak, menciptakan suatu merek dengan komposisi ... Artikel Bisnis


Jual Beli Online



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top