Taktik Pemasaran Online Untuk UKM

Taktik Pemasaran Online Untuk UKM

Senin, 25 Juni 2012 - 11:26:27 WIB
artikel-bisnis Taktik Pemasaran Online Untuk UKM
Diposting oleh : septian    - Dibaca: 449 kali

Saat Anda mulai menjalankan bisnis baru, Anda harus merbut perhatian konsumen. Salah satu cara tercepat untuk memulai ialah dengan memudahkan calon pembeli menemukan Anda. Mulailah dengan mengembangkan taktik marketing yang memberikan nilai tambah dan melibatkan pelanggan lebih baik.


Taktik jejaring sosial yag sederhana dapat secara tak langsung membantu Anda melakukan ini dan jika Anda melakukannya dengan benar , traffic akan naik, mengubah pengunjung menjadi pembeli, mengubah prospek menjadi penjualan dan mungkin mengubah pelanggan menjadi konsumen setia yang membawa margin laba yang tinggi bagi bisnis Anda.


Dengan demikian jika Anda membutuhkan sejumlah ide cemerlang untuk menggairahkan kembali upaya marketing Anda, Anda bisa membaca kiat berikut ini. Semuanya bisa Anda terapkan dalam waktu kurang dari 10 hari.

1 Buat konten Anda bekerja lebih keras

Ciptakan panduan kiat ringkas bagi industri Anda agar bisa dipublikasikan dalam blog perusahaan Anda dan gunakan kembali dan jadwal kembali kalimat khusus untuk email blast, posting di dinding Facebook, dan Twitter.

2. Ceritakan sesuatu

Jadwal sejumlah tweet pertanyaan dan jawaban bagi pengikut/ penggemar Anda lalu bagikan hasilnya dengan Storify.com yahg diintegrasikan dalam blog perusahaan Anda (jika ada) dan jejaring sosial Anda.Undang orang lain untuk berbagi pendapat dalam hasil pertanyaan dan jawaban untuk meningkatkan keterlibatan.

3. Komunikasikan dengan lebih akurat

Gunakan SocialBro.com untuk mendapatkan informasi lebih akurat mengenai komunitas pengikut Anda di Twitter  termasuk di mana pengikut Anda berasal, bahasa yang mereka gunakan, kegiatan mereka di twitter dan sebagainya, kemudian bidik konten Anda dengan lebih akurat yang kemudian akan menghasilkan lebih banyak retweet (RT) dan jangkauan pesan yang lebih tinggi.

4. Manusiakan pemasaran Anda

Dalami data penjualan Anda , dan wawancarailah  pelanggan Anda yang tersohor dan bagikan hasil wawancara itu di situs, email, blog, newsletter elektronik dan kanal-kanal social media.

5. Kembangkan screencast

Buatlah panduan prosedural menggunakan aplikasi Screenr (Screenr.com) mengenai bagaimana melakukan sesuatu (menjelajahi situs Anda, menggunakan produk online Anda, dana sebagainya) dalam sebuah screencast, video penjelasan atau menunjukkan langkah-langkah dalam serangkaian foto.

6. Selenggarakan event social media secara online

Undanglah tamu yang relevan dengan industri Anda untuk tampil dalam laman Facebook Anda untuk sehari dan berinteraksi secara langsung dengan anggota komunitas. Promosikan event social media sepanjang memungkinkan dalam segala kontak dengan pelanggan Anda.

7. Luncurkan kontes foto di Facebook

Unggah foto-foto ceria berisi orang yang menggunakan produk Anda. Misalnya jika Anda memiliki usaha ubin, Anda bisa mencoba menarik pelanggan untuk mengunggah bagaimana ekspresi gembira mereka dengan mencium ubin produksi Anda yang baru mereka pasang di rumahnya. Kemudian mintalah para fans di Facebook untuk memberikan pendapat mereka mengenai foto mana yang paling bagus dan menarik.Ini bisa membuat penyuka laman Anda merasa lebih terlibat dan menarik orang lain untuk menjadi penyuka.

8. Gunakan presentasi

Ciptakan presentasi Slideshare (slideshare.net) mengenai pertanyaan dan jawaban konsumen dan bagikan dalam sebuah posting/ artikel blog. Berikan presentasi tersebut tag yang relevan dengan kata kunci tertentu untuk perusahaan Anda dan industri yang bersangkutan untuk meningkatkan kelebihan SEO.

9. Buat video perusahaan

Rekamlah video pendek sederhana tetapi menarik, mintalah pelanggan untuk mengirimkan foto dan buat video disertai musik  untuk perusahaan Anda emnggunakan layanan Animoto dan unggahlah dalam blog perusahaan.

10.  Minta untuk bertindak

Imbauan untuk bertindak atau “call for actions” sangat penting. Anda memberikan banyak bonus gratis di social media dan menciptakan banyak nilai sehingga jangan cemas dan takut untuk meminta pengunjung melakukan sesuatu untuk Anda. Tambahkan imbauan bertindak yang dapat meningkatkan prospek bisnis atau mendapatkan seseorang yang tertarik untuk menjadi konsumen setia produk Anda.
'Taktik Pemasaran Online Untuk UKM':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Mengatasi Diskriminasi Gender Dalam Dunia KerjaCEO Facebook Sheryl Sandberg baru-baru ini menyatakan dalam World Economic Forum di Swiss, “Kami menghargai pria karena kepemimpinan, sikap asertif, keberanian mengambil risiko, tak ragu bersaing; kami mengajari wanita untuk bersantai, bersosialisasi. Kami mendorong wanita untuk bersikap ... Artikel Bisnis

  • Manarik Laba Dari Ternak Sapi RumahanPopulasi penduduk di Indonesia terbesar keempat di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat. Jumlah penduduk yang tinggi diikuti pula dengan meningkatnya konsumsi daging sapi di tanah air terutama ketika hari raya tiba. Untuk memenuhi permintaan pasar yang kian melonjak, usaha peternakan sapi ... Artikel Bisnis

  • Peluang Waralaba Dari Kalbe FarmaPT Kalbe Farma yang baru mendirikan divisi Nutrition Home Delivery masih berkeinginan untuk menjajaki peluang baru lainnya, waralaba. Keseriusan Kalbe menjalankan bisnis onlinenya juga akan didukung dengan pendirian depo atau pusat klogistik di beberapa tempat di daerah yang mendapat layanan Kalbe ... Artikel Bisnis

  • 3 Trik Jaring Pelanggan Via internetBersaing untuk merebut perhatian pelanggan di dunia maya sangat sukar dilakukan, mengingat begitu banyaknya pesaing dan distraksi yang harus Anda kalahkan. Misalnya, Anda harus mencoba mencoba mengalahkan iklan dalam bentuk banner yang menghiasi laman web yang para pelanggan potensial sedang baca ... Artikel Bisnis

  • 10 Mitos Tentang Investasi PropertiDalam setiap lini bisnis selalu ada mitos dan atau persepsi keliru yang menempel. Padahal mitos tersebut pada kenyatannya tidaklah selalu benar, begitu pula di bisnis properti. Ada banyak pertanyaan di benak investor baru yang ingin memulai investasi di properti. Minimnya informasi yang didapat ... Artikel Bisnis


Jual Beli Online



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top