Rabu, 04 Juli 2012 - 13:42:38 WIB
Buat SOP Untuk Berkomunikasi Dengan Pelanggan
Diposting oleh : septian - Dibaca: 392 kali
Apapun jenis bisnis Anda, layanan konsumen merupakan bagian penting dalam menunjang kesuksesan. Tentunya, pelayanan konsumen selalu ingin Anda tingkatkan. Namun, dengan kendala dana yang terbatas, Anda harus menerapkan strategi yang baik dan tepat untuk mewujudkan target tersebut.
Seringkali pelanggan bertanya mengenai produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. Tentunya, hal tersebut harus ditanggapi dengan cepat. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengelola masukan dan menjawab pertanyaan para pelanggan:
1. Lakukan survei
Survei adalah daftar pertanyaan untuk pelanggan mengenai produk dan jasa Anda. Dengan melakukan survei pelanggan, Anda dapat belajar bagaimana menjaga dan menyenangkan pelanggan Anda.
2. Formulir tanggapan
Seperti survei, formulir tanggapan pelanggan akan memberikan umpan balik berupa pendapat para pelanggan. Dengan menggunakan formulir tanggapan, pelanggan dapat memberikan informasi miring karena pelanggan lebih mungkin menggunakan formulir tersebut untuk mengajukan keluhan bukan untuk menawarkan pujian.
3. Online chat
Layanan online chat memungkinkan pelanggan Anda menyampaikan keluhan dan pertanyaan dengan cepat. Dengan metode ini, pelanggan akan lebih merasa diperhatikan keluhan dan masukannya.
4. Hotline
Layanan hotline yang Anda sediakan memungkinkan pelanggan menyampaikan keluhan dan pertanyaan melalui telepon. Pastikan karyawan Anda memiliki pengetahuan mengenai produk atau jasa yang Anda jual.
5. FAQ
Jika layanan pelanggan Anda memiliki daftar pertanyaan yang sering diajukan, Anda dapat memuat hal tersebut dalam FAQ website bisnis Anda. Hal ini juga akan menjadi alat yang berguna bagi pelanggan untuk menemukan jawaban tanpa harus bertanya.
Diposting oleh : septian - Dibaca: 392 kali
Apapun jenis bisnis Anda, layanan konsumen merupakan bagian penting dalam menunjang kesuksesan. Tentunya, pelayanan konsumen selalu ingin Anda tingkatkan. Namun, dengan kendala dana yang terbatas, Anda harus menerapkan strategi yang baik dan tepat untuk mewujudkan target tersebut.
Seringkali pelanggan bertanya mengenai produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. Tentunya, hal tersebut harus ditanggapi dengan cepat. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengelola masukan dan menjawab pertanyaan para pelanggan:
1. Lakukan survei
Survei adalah daftar pertanyaan untuk pelanggan mengenai produk dan jasa Anda. Dengan melakukan survei pelanggan, Anda dapat belajar bagaimana menjaga dan menyenangkan pelanggan Anda.
2. Formulir tanggapan
Seperti survei, formulir tanggapan pelanggan akan memberikan umpan balik berupa pendapat para pelanggan. Dengan menggunakan formulir tanggapan, pelanggan dapat memberikan informasi miring karena pelanggan lebih mungkin menggunakan formulir tersebut untuk mengajukan keluhan bukan untuk menawarkan pujian.
3. Online chat
Layanan online chat memungkinkan pelanggan Anda menyampaikan keluhan dan pertanyaan dengan cepat. Dengan metode ini, pelanggan akan lebih merasa diperhatikan keluhan dan masukannya.
4. Hotline
Layanan hotline yang Anda sediakan memungkinkan pelanggan menyampaikan keluhan dan pertanyaan melalui telepon. Pastikan karyawan Anda memiliki pengetahuan mengenai produk atau jasa yang Anda jual.
5. FAQ
Jika layanan pelanggan Anda memiliki daftar pertanyaan yang sering diajukan, Anda dapat memuat hal tersebut dalam FAQ website bisnis Anda. Hal ini juga akan menjadi alat yang berguna bagi pelanggan untuk menemukan jawaban tanpa harus bertanya.
'Buat SOP Untuk Berkomunikasi Dengan Pelanggan':
Artikel Bisnis Lainnya
- Tips Tingkatkan Servis PelangganLayanan pelanggan merupakan satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari bisnis Anda. Dengan meningkatkan peforma layanan pelanggan Anda, dapat dipastikan bisnis berjalan pada jalur yang telah ditentukan. Dalam bisnis, kepuasan pelanggan merupakan kekuatan di samping pemasaran. Untuk ... Artikel Bisnis
- Strategi Menentukan Harga ProdukTerdapat berbagai cara dalam menentukan harga. Masing-masing cara tersebut digunakan di situasi yang berbeda. Pasalnya, harga merupakan faktor yang menentukan dalam menentukan sukses bisnis Anda. Penentuan harga yang optimal tidak hanya tergantung pada ongkos produksi yang Anda keluarkan dalam ... Artikel Bisnis
- Jurus Jitu Promosi di Dunia MayaJika Anda baru memulai bisnis online di bidang kue, fotografi dan fesyen saatnya mempelajari segala sesuatunya. Mulai dari promosi bisnis dan kegiatan iklan secara online. Nah, berikut ini 5 cara efektif untuk mempromosikan bisnis Anda secara online: Mulai dari laman Facebook Laman Facebook ... Artikel Bisnis
- Bisnis Waktu LiburanAkhir tahun sering dianggap sebagai musimnya berlibur. Atmosfer liburan dan bersantai bisa ditemui di berbagai tempat. Berkumpul bersama keluarga di rumah, pesta tahun baru dan irama kerja yang makin melambat menandai datangnya musim liburan akhir tahun. Namun bagaimana jika Anda seorang ... Artikel Bisnis
- Mengenal Resadana Pendapatan TetapReksa dana pendapatan tetap merupakan reksa dana yang melakukan investasi sebagian besar pada efek bersifat utang. Umumnya reksa dana ini melalui manajer investasi melakukan investasi pada obligasi. Manajer investasi membeli obligasi yang terdaftar di BEI atau melalui transaksi pribadi (over the ... Artikel Bisnis
Jual Beli Online