Rabu, 04 Juli 2012 - 15:19:59 WIB
Kontrol Kualitas Layanan Tim Anda
Diposting oleh : septian - Dibaca: 282 kali
Kualitas layanan pelanggan akan memiliki dampak yang signifikan terhadap pendapatan perusahaan. Pemilik bisnis dan manajer sering kali tidak menyadari bagaimana tingkat layanan pelanggan konsumennya, kecuali keluhan diluncurkan atau pujian diterima. Untuk memberikan layanan pelanggan tingkat tinggi secara konsisten, manajer dan pemilik dapat menggunakan beberapa teknik untuk mengukur kualitas layanan pelanggan di tempat usaha mereka.
Berikut beberapa instruksi yang dapat Anda jalankan untuk mengetahui seberapa bagus layanan pelanggan yang karyawan Anda berikan:
1. Mengevaluasi pelayanan "rata-rata" dalam bisnis. Rata-rata, yakni berapa lama pelanggan menunggu dalam antrean? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses pesanan pelanggan? Berapa banyak transaksi diproses setiap hari? Berapa banyak laporan atau pujian yang dihasilkan oleh pelanggan pada hari tertentu? Angka-angka ini dapat memberikan sebuah patokan untuk mengukur kualitas layanan pelanggan.
2. Survei pelanggan saat ini. Hal ini dapat dilakukan melalui email, situs perusahaan, panggilan telepon atau kartu survei. Dalam survei pelanggan, Anda dapat meminta masukan tentang berbagai masalah layanan pelanggan seperti harga, kualitas, dan keramahan karyawan.
3. Survei pelanggan masa lalu. Mantan pelanggan kemungkinan akan terbuka tentang mengapa tidak mau menjadi pelanggan lagi. Carilah tren dalam umpan balik yang diberikan oleh pelanggan masa lalu tersebut. Apakah pengiriman keluhan yang sering lambat? Kekasaran atau kurangnya pengetahuan produk oleh karyawan? Identifikasikan tren tersebut dan temukan cara untuk meningkatkan kekurangan.
4. Gunakan pembeli "misteri" yang dikirim ke tempat usaha untuk mengaku sebagai pelanggan dan mengevaluasi kehidupan nyata tingkat layanan pelanggan. Pembeli misteri dapat diminta untuk mengikuti "pengalaman pelanggan yang normal" untuk mengetahui tingkat kepuasan layanan pelanggan.
Diposting oleh : septian - Dibaca: 282 kali
Kualitas layanan pelanggan akan memiliki dampak yang signifikan terhadap pendapatan perusahaan. Pemilik bisnis dan manajer sering kali tidak menyadari bagaimana tingkat layanan pelanggan konsumennya, kecuali keluhan diluncurkan atau pujian diterima. Untuk memberikan layanan pelanggan tingkat tinggi secara konsisten, manajer dan pemilik dapat menggunakan beberapa teknik untuk mengukur kualitas layanan pelanggan di tempat usaha mereka.
Berikut beberapa instruksi yang dapat Anda jalankan untuk mengetahui seberapa bagus layanan pelanggan yang karyawan Anda berikan:
1. Mengevaluasi pelayanan "rata-rata" dalam bisnis. Rata-rata, yakni berapa lama pelanggan menunggu dalam antrean? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses pesanan pelanggan? Berapa banyak transaksi diproses setiap hari? Berapa banyak laporan atau pujian yang dihasilkan oleh pelanggan pada hari tertentu? Angka-angka ini dapat memberikan sebuah patokan untuk mengukur kualitas layanan pelanggan.
2. Survei pelanggan saat ini. Hal ini dapat dilakukan melalui email, situs perusahaan, panggilan telepon atau kartu survei. Dalam survei pelanggan, Anda dapat meminta masukan tentang berbagai masalah layanan pelanggan seperti harga, kualitas, dan keramahan karyawan.
3. Survei pelanggan masa lalu. Mantan pelanggan kemungkinan akan terbuka tentang mengapa tidak mau menjadi pelanggan lagi. Carilah tren dalam umpan balik yang diberikan oleh pelanggan masa lalu tersebut. Apakah pengiriman keluhan yang sering lambat? Kekasaran atau kurangnya pengetahuan produk oleh karyawan? Identifikasikan tren tersebut dan temukan cara untuk meningkatkan kekurangan.
4. Gunakan pembeli "misteri" yang dikirim ke tempat usaha untuk mengaku sebagai pelanggan dan mengevaluasi kehidupan nyata tingkat layanan pelanggan. Pembeli misteri dapat diminta untuk mengikuti "pengalaman pelanggan yang normal" untuk mengetahui tingkat kepuasan layanan pelanggan.
'Kontrol Kualitas Layanan Tim Anda':
Artikel Bisnis Lainnya
- Buat SOP Untuk Berkomunikasi Dengan PelangganApapun jenis bisnis Anda, layanan konsumen merupakan bagian penting dalam menunjang kesuksesan. Tentunya, pelayanan konsumen selalu ingin Anda tingkatkan. Namun, dengan kendala dana yang terbatas, Anda harus menerapkan strategi yang baik dan tepat untuk mewujudkan target tersebut. Seringkali ... Artikel Bisnis
- Tips Tingkatkan Servis PelangganLayanan pelanggan merupakan satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari bisnis Anda. Dengan meningkatkan peforma layanan pelanggan Anda, dapat dipastikan bisnis berjalan pada jalur yang telah ditentukan. Dalam bisnis, kepuasan pelanggan merupakan kekuatan di samping pemasaran. Untuk ... Artikel Bisnis
- Strategi Menentukan Harga ProdukTerdapat berbagai cara dalam menentukan harga. Masing-masing cara tersebut digunakan di situasi yang berbeda. Pasalnya, harga merupakan faktor yang menentukan dalam menentukan sukses bisnis Anda. Penentuan harga yang optimal tidak hanya tergantung pada ongkos produksi yang Anda keluarkan dalam ... Artikel Bisnis
- Jurus Jitu Promosi di Dunia MayaJika Anda baru memulai bisnis online di bidang kue, fotografi dan fesyen saatnya mempelajari segala sesuatunya. Mulai dari promosi bisnis dan kegiatan iklan secara online. Nah, berikut ini 5 cara efektif untuk mempromosikan bisnis Anda secara online: Mulai dari laman Facebook Laman Facebook ... Artikel Bisnis
- Bisnis Waktu LiburanAkhir tahun sering dianggap sebagai musimnya berlibur. Atmosfer liburan dan bersantai bisa ditemui di berbagai tempat. Berkumpul bersama keluarga di rumah, pesta tahun baru dan irama kerja yang makin melambat menandai datangnya musim liburan akhir tahun. Namun bagaimana jika Anda seorang ... Artikel Bisnis
Jual Beli Online