Selasa, 10 Juli 2012 - 10:47:07 WIB
Klien Anda Kasar? Jangan Panik!
Diposting oleh : septian - Dibaca: 635 kali
Salah satu tugas paling menantang dari pekerjaan pelayanan konsumen ialah berurusan dengan klien yang keras dan kasar di telepon. Anda mungkin tergoda merespon hal tersebut dengan menutup telepon. Namun, terdapat metode yang lebih baik untuk penanganan situasi tersebut. Dengan menggunakan metode ini, sang klien tidak memungkinkan dapat mengendalikan respons Anda sehingga memungkinkan Anda dapat menyelesaikan keluhan tersebut dengan cepat dan efisien.
Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi klien yang mengeluh dengan kasar:
1. Tetap tenang. Dengarkan klien. Jagalah perilaku profesional Anda.
2. Menetapkan batas-batas jika pembicaraan berubah kasar. Informasikan kepada klien nada percakapan yang kasar dan Anda akan menghentikan pembicaraan jika perilaku tersebut terus dilakukan. Selanjutnya, hentikan pembicaraan jika perilaku klien tersebut tidak berhenti.
3. Anda dapat mencairkan situasi. Menawarkan permintaan maaf dan menjelaskan singkat aturan-aturan dasar percakapan. Katakan kepada klien bahwa tidak ada yang dapat dicapai sampai ia tenang dan memungkinkan Anda mengetahui hasil yang diinginkan.
4. Langsung kendalikan percakapan. Katakan dengan sopan, "Saya minta maaf atas keluhan Anda, bagaimana saya bisa mengatasi ini untuk Anda?" Fokus pembicaraan tersebut bertujuan agar klien lebih fokus pada pemecahan masalah.
5. Ajukan pertanyaan detail dan terbuka untuk klien. Perjelas masalah dengan klien dan bekerja ke arah resolusi.
6. Setelah itu, tawarkan kepada klien untuk berbicara langsung dengan supervisor atau menghubungi klien kembali pada waktu yang lebih nyaman untuk menyelesaikan masalah.
Diposting oleh : septian - Dibaca: 635 kali
Salah satu tugas paling menantang dari pekerjaan pelayanan konsumen ialah berurusan dengan klien yang keras dan kasar di telepon. Anda mungkin tergoda merespon hal tersebut dengan menutup telepon. Namun, terdapat metode yang lebih baik untuk penanganan situasi tersebut. Dengan menggunakan metode ini, sang klien tidak memungkinkan dapat mengendalikan respons Anda sehingga memungkinkan Anda dapat menyelesaikan keluhan tersebut dengan cepat dan efisien.
Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi klien yang mengeluh dengan kasar:
1. Tetap tenang. Dengarkan klien. Jagalah perilaku profesional Anda.
2. Menetapkan batas-batas jika pembicaraan berubah kasar. Informasikan kepada klien nada percakapan yang kasar dan Anda akan menghentikan pembicaraan jika perilaku tersebut terus dilakukan. Selanjutnya, hentikan pembicaraan jika perilaku klien tersebut tidak berhenti.
3. Anda dapat mencairkan situasi. Menawarkan permintaan maaf dan menjelaskan singkat aturan-aturan dasar percakapan. Katakan kepada klien bahwa tidak ada yang dapat dicapai sampai ia tenang dan memungkinkan Anda mengetahui hasil yang diinginkan.
4. Langsung kendalikan percakapan. Katakan dengan sopan, "Saya minta maaf atas keluhan Anda, bagaimana saya bisa mengatasi ini untuk Anda?" Fokus pembicaraan tersebut bertujuan agar klien lebih fokus pada pemecahan masalah.
5. Ajukan pertanyaan detail dan terbuka untuk klien. Perjelas masalah dengan klien dan bekerja ke arah resolusi.
6. Setelah itu, tawarkan kepada klien untuk berbicara langsung dengan supervisor atau menghubungi klien kembali pada waktu yang lebih nyaman untuk menyelesaikan masalah.
'Klien Anda Kasar? Jangan Panik!':
Artikel Bisnis Lainnya
- Pentingnya Riset Pasar Dalam BisnisRiset pasar merupakan sebuah bagian vital dari kegiatan perusahaan bahkan sebelum perusahaan berdiri. Saat merintis sebuah usaha baru, setidaknya kita harus melakukan sebuah riset pasar agar mengetahui secara pasti mengenai ada tidaknya kebutuhan terhadap layanan atau produk yang akan kita ... Artikel Bisnis
- Bagaimana Cara Buat Rencana Bisnis?Rencana bisnis Anda umumnya akan menguraikan seluruh bisnis Anda. Sementara, rencana pemasaran fokus secara khusus dan lebih rinci pada satu fungsi yakni pemasaran. Ketika pemilik bisnis ingin menyelam lebih dalam ke strategi pemasaran, mereka kemungkinan besar akan menyusun rencana rinci yang ... Artikel Bisnis
- Sesuaikan Packaging Produk Anda Sesuai PasarKemasan produk merupakan salah satu hal yang paling awal terlihat oleh konsumen, dan selanjutnya akan menentukan ketertarikan konsumen untuk membeli produk tersebut. Dengan sendirinya, produk yang kurang dikemas dengan baik tentu menjadi kurang dilirik konsumen. Kemasan yang cantik dan mendukung ... Artikel Bisnis
- Langkah - Langkah Duduki Laman Pertama di GoogleJangan berharap menduduki laman hasil pencarian pertama di Google tanpa bekerja keras melalui teknik SEO yang baik. Sejak Google memberikan perhatian yang lebih besar pada hasil pencarian yang beragam, kini Anda yang memiliki bisnis online juga harus mempertimbangkan untuk membuat video agar makin ... Artikel Bisnis
- Meminta Tolong Tanpa Terlihat BodohSangat sering kita jumpai para manajer yang membuat kesalahan karena mereka cemas saat ditanya dan dimintai bantuan. Karena tak mengetahui secara persis bagaimana caranya untuk melakukan sesuatu yang mungkin memalukan tetapi tidak bersedia untuk bertanya dan meminta bantuan, sebagian orang justru ... Artikel Bisnis
Jual Beli Online