Selasa, 10 Juli 2012 - 10:00:33 WIB
Pentingnya Riset Pasar Dalam Bisnis
Diposting oleh : septian - Dibaca: 779 kali
Riset pasar merupakan sebuah bagian vital dari kegiatan perusahaan bahkan sebelum perusahaan berdiri. Saat merintis sebuah usaha baru, setidaknya kita harus melakukan sebuah riset pasar agar mengetahui secara pasti mengenai ada tidaknya kebutuhan terhadap layanan atau produk yang akan kita sediakan, dan jika memang ada kebutuhan yang belum terpenuhi dalam pasar, kita juga harus ketahui secara persis seberapa besar kebutuhan tersebut. Semua usaha kecil harus menyadari akan pentingnya pengetahuan mengenai ceruk pasar yang mereka garap dan kekuatan yang mereka coba tawarkan ke pasar. Riset membantu usaha rintisan membuat produk yang menakjubkan, mereka juga dapat dengan mudah jatuh jika pasar dalam area tersebut tidak menanggapi jenis produk yang yang ditawarkan dengan positif.
Terlepas dari riset kegunaan yang diberikan oleh data hasil riset kepada perusahaan untuk meningkatkan produk dan layanannya, riset pasar juga merupakan sebuah bentuk iklan. Usaha kecil banyak yang memiliki penetrasi pasar dan visibilitas terhadap pelanggan yang masih rendah (masih sedikit orang yang mengetahui eksistensi usaha mereka), riset pasar juga amat dibutuhkan untuk usaha kecil yang menghendaki lebih banyak klien potensial yang akan mengetahui keberadaan mereka. Memberikan sampel produk secara cuma-cuma atau mengadakan promosi umum lainnya juga dapat menjadi jalan bagi usaha kecil untuk melaksanakan riset dan dalam saat yang bersamaan memberikan kesempatan bagi produk untuk dapat diingat pelanggan lebih baik lagi. Usaha kecil yang berhasil berkembang pesat bukan melalui pemasaran yang canggih semata, tetapi malah mayoritas karena rekomendasi dari mulut ke mulut. Singkatnya, mengadakan sebuah riset pasar yang masal akan memberikan visibilitas bagi usaha kecil yang baru berkembang dan cara itu juga efektif untuk menciptakan promosi sembari mengumpulkan informasi berharga yang dapat digunakan dalam mengembangkan usaha di masa depan.
Inilah beberapa cara yang bisa ditempuh untuk melakukan sebuah riset pasar:
1. Riset sekunder
Riset jenis ini lebih praktis karena dapat dilakukan dengan hanya meneliti data atau informasi yang tersaji dalam literatur atau sumber-sumber kepustakaan.
Riset sekunder dibagi menjadi berikut:
* Demografi dan statistik
* Laporan riset yang telah ada
* Alat periset maketing
2. Riset primer
Sering perusahaan harus menjawab sebuah pertanyaan yang berkenaan dengan kebutuhan nyata konsumennya. Hal ini tentu tidak bisa diperolh dari sumber tertulis yang ada. Sebuah riset harus diadakan demi mengetahui keinginan konsumen. Meski lebih mahal dan memakan waktu, biaya dan tenaga, riset primer mampu memnjawab pertanyaan dengan lebih akurat. Cara-caranya adalah sebagai berikut:
* Berbicara dengan pelanggan secara langsung
* Menjawab surat elektronik pelanggan
* Membuat blog dan berkomunikasi dengan pengunjung di dalamnya
* Membuat Google atau Yahoo Groups
* Mengikuti dan berdiskusi dalam forum atau konferensi tatap muka
Sementara itu terdapat dua golongan riset yang dapat dilakukan:
1. Kualitatif
* Riset ini bersifat eksploratif. Hasil akan dijelaskan dalam bentuk paparan. Riset ini dapat dengan baik memberikan deskripsi riil tentang perilaku konsumen.
2. Kuantitatif
* Riset jenis ini akan memberikan Anda hasil riset dalam bentuk angka-angka. Survei dan kuesioner merupakan bentuk paling lazim yang ditemui.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap organisasi (usaha) membutuhkan riset dan anggaran yang kecil. Anggaran yang terbatas bukan merupakan alasan untuk tidak melakukan riset pasar. Dengan menggunakan sumber daya yang ada secara maksimal, Anda dapat mulai mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik yang dapat memosisikan Anda demi pertumbuhan pasar.
Diposting oleh : septian - Dibaca: 779 kali
Riset pasar merupakan sebuah bagian vital dari kegiatan perusahaan bahkan sebelum perusahaan berdiri. Saat merintis sebuah usaha baru, setidaknya kita harus melakukan sebuah riset pasar agar mengetahui secara pasti mengenai ada tidaknya kebutuhan terhadap layanan atau produk yang akan kita sediakan, dan jika memang ada kebutuhan yang belum terpenuhi dalam pasar, kita juga harus ketahui secara persis seberapa besar kebutuhan tersebut. Semua usaha kecil harus menyadari akan pentingnya pengetahuan mengenai ceruk pasar yang mereka garap dan kekuatan yang mereka coba tawarkan ke pasar. Riset membantu usaha rintisan membuat produk yang menakjubkan, mereka juga dapat dengan mudah jatuh jika pasar dalam area tersebut tidak menanggapi jenis produk yang yang ditawarkan dengan positif.
Terlepas dari riset kegunaan yang diberikan oleh data hasil riset kepada perusahaan untuk meningkatkan produk dan layanannya, riset pasar juga merupakan sebuah bentuk iklan. Usaha kecil banyak yang memiliki penetrasi pasar dan visibilitas terhadap pelanggan yang masih rendah (masih sedikit orang yang mengetahui eksistensi usaha mereka), riset pasar juga amat dibutuhkan untuk usaha kecil yang menghendaki lebih banyak klien potensial yang akan mengetahui keberadaan mereka. Memberikan sampel produk secara cuma-cuma atau mengadakan promosi umum lainnya juga dapat menjadi jalan bagi usaha kecil untuk melaksanakan riset dan dalam saat yang bersamaan memberikan kesempatan bagi produk untuk dapat diingat pelanggan lebih baik lagi. Usaha kecil yang berhasil berkembang pesat bukan melalui pemasaran yang canggih semata, tetapi malah mayoritas karena rekomendasi dari mulut ke mulut. Singkatnya, mengadakan sebuah riset pasar yang masal akan memberikan visibilitas bagi usaha kecil yang baru berkembang dan cara itu juga efektif untuk menciptakan promosi sembari mengumpulkan informasi berharga yang dapat digunakan dalam mengembangkan usaha di masa depan.
Inilah beberapa cara yang bisa ditempuh untuk melakukan sebuah riset pasar:
1. Riset sekunder
Riset jenis ini lebih praktis karena dapat dilakukan dengan hanya meneliti data atau informasi yang tersaji dalam literatur atau sumber-sumber kepustakaan.
Riset sekunder dibagi menjadi berikut:
* Demografi dan statistik
* Laporan riset yang telah ada
* Alat periset maketing
2. Riset primer
Sering perusahaan harus menjawab sebuah pertanyaan yang berkenaan dengan kebutuhan nyata konsumennya. Hal ini tentu tidak bisa diperolh dari sumber tertulis yang ada. Sebuah riset harus diadakan demi mengetahui keinginan konsumen. Meski lebih mahal dan memakan waktu, biaya dan tenaga, riset primer mampu memnjawab pertanyaan dengan lebih akurat. Cara-caranya adalah sebagai berikut:
* Berbicara dengan pelanggan secara langsung
* Menjawab surat elektronik pelanggan
* Membuat blog dan berkomunikasi dengan pengunjung di dalamnya
* Membuat Google atau Yahoo Groups
* Mengikuti dan berdiskusi dalam forum atau konferensi tatap muka
Sementara itu terdapat dua golongan riset yang dapat dilakukan:
1. Kualitatif
* Riset ini bersifat eksploratif. Hasil akan dijelaskan dalam bentuk paparan. Riset ini dapat dengan baik memberikan deskripsi riil tentang perilaku konsumen.
2. Kuantitatif
* Riset jenis ini akan memberikan Anda hasil riset dalam bentuk angka-angka. Survei dan kuesioner merupakan bentuk paling lazim yang ditemui.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap organisasi (usaha) membutuhkan riset dan anggaran yang kecil. Anggaran yang terbatas bukan merupakan alasan untuk tidak melakukan riset pasar. Dengan menggunakan sumber daya yang ada secara maksimal, Anda dapat mulai mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik yang dapat memosisikan Anda demi pertumbuhan pasar.
'Pentingnya Riset Pasar Dalam Bisnis':
Artikel Bisnis Lainnya
- Bagaimana Cara Buat Rencana Bisnis?Rencana bisnis Anda umumnya akan menguraikan seluruh bisnis Anda. Sementara, rencana pemasaran fokus secara khusus dan lebih rinci pada satu fungsi yakni pemasaran. Ketika pemilik bisnis ingin menyelam lebih dalam ke strategi pemasaran, mereka kemungkinan besar akan menyusun rencana rinci yang ... Artikel Bisnis
- Sesuaikan Packaging Produk Anda Sesuai PasarKemasan produk merupakan salah satu hal yang paling awal terlihat oleh konsumen, dan selanjutnya akan menentukan ketertarikan konsumen untuk membeli produk tersebut. Dengan sendirinya, produk yang kurang dikemas dengan baik tentu menjadi kurang dilirik konsumen. Kemasan yang cantik dan mendukung ... Artikel Bisnis
- Langkah - Langkah Duduki Laman Pertama di GoogleJangan berharap menduduki laman hasil pencarian pertama di Google tanpa bekerja keras melalui teknik SEO yang baik. Sejak Google memberikan perhatian yang lebih besar pada hasil pencarian yang beragam, kini Anda yang memiliki bisnis online juga harus mempertimbangkan untuk membuat video agar makin ... Artikel Bisnis
- Meminta Tolong Tanpa Terlihat BodohSangat sering kita jumpai para manajer yang membuat kesalahan karena mereka cemas saat ditanya dan dimintai bantuan. Karena tak mengetahui secara persis bagaimana caranya untuk melakukan sesuatu yang mungkin memalukan tetapi tidak bersedia untuk bertanya dan meminta bantuan, sebagian orang justru ... Artikel Bisnis
- Skema Bisnis Online yang Harus DiperhatikanDalam dunia periklanan online, terdapat berbagai skema pembayaran antara pemilik situs dan pengiklan. Skema itu disusun berdasarkan aksi atau interaksi pengunjung terhadap apanyang dilakukannya di situs bersangkutan. Terdapat sejumlah skema yang bisa Anda pilih sebagai pelaku bisnis ... Artikel Bisnis
Jual Beli Online