Tips Hadapi Keluhan Pelanggan di Twitter

Tips Hadapi Keluhan Pelanggan di Twitter

Senin, 02 Juli 2012 - 10:48:30 WIB
artikel-bisnis Tips Hadapi Keluhan Pelanggan di Twitter
Diposting oleh : septian    - Dibaca: 507 kali

Twitter saat ini sudah kian diandalkan oleh perusahaan untuk lebih dekat dengan para pelanggan. Hanya saja, terkadang keberadaan akun produk atau perusahaan di Twitter malah dijadikan kambing hitam, memang tentu masih ada keluhan dari pelanggan yang memang rasional sehingga perlu penanganan segera.

Namun ada kalanya, pengelola akun perusahaan harus hati-hati dalam memilah mana keluhan yang harus ditanggapi atau cuma kerjaan orang iseng. Berikut sejumlah kiat dari pengamat media sosial Jim Ducharme yang dilansir dari Detik.com:

1. Sebelum Anda merespons keluhan yang masuk, cobalah untuk mengecek profil akun Twitter tersebut. Sehingga Anda tahu sedang berhadapan dengan siapa. Pengecekan termasuk dilakukan kepada kicauan-kicauan sosok tersebut yang terdahulu.

Dari investigasi kecil-kecilan yang telah dilakukan setidaknya Anda diajak untuk menyelami pola pikir dan kelakuan dari orang tersebut. Hal ini penting sebelum memberi tanggapan lebih lanjut. Jika orangnya bermasalah, siapa tahu ada agenda setting di balik serbuan tweet negatif yang dilancarkannya.

2. Jangan membuat permasalahan yang ada pada produk atau perusahaan, dibawa sampai ke urusan personal. Cobalah untuk menghadapi keluhan-keluhan yang masuk dengan kepala dingin

3. Jika Anda tidak yakin 100% dengan respons yang bakal dikirimkan, sebaiknya minta pendapat dari orang lain sebelum Anda menekan tombol 'send'. Ingat, think before posting!

4. Baca ulang tanggapan yang akan dikirimkan untuk memastikan typo (salah ketik) sekaligus memastikan apa yang ingin dikirimkan. Hal ini sekaligus akan mencerminkan seberapa profesional Anda.

5. Luluhkan mereka yang bersuara "nyinyir" dengan kebaikan dan empati. Bagaimanapun menyebalkannya, pelanggan yang berkeluh kesah tetap saja pelanggan. Hadapi mereka dengan cara-cara yang baik, siapa tahu mereka bisa luluh karenanya.

6. Gunakan cara yang lebih personal untuk mengayomi pelanggan dalam menyelesaikan masalah mereka. Bisa menggunakan email personal atau menghubunginya secara langsung.

7. Buktikan dengan perbuatan. Ketika melakukan kontak dengan pelanggan, tentu saja harus disertai dengan aksi nyata untuk penyelesaiannya. Sebab jika masalah ini berlarut-larut maka bukan tidak mungkin hal ini hanya akan memancing kicauan keluhan lainnya.

8. "Ingat 4 kata saktinya: 'Apa yang bisa dibantu?'" tandas Ducharme. (*Detik.com)
'Tips Hadapi Keluhan Pelanggan di Twitter':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Pentingnya Fungsi PR Bagi Sebuah BisnisPublic relations (PR) alias hubungan masyarakat (humas) merupakan bagian organisasi di perusahaan yang fungsinya lebih dari sekadar kontrol ketika bisnis mengalami kesulitan. PR juga merupakan pendekatan umum dalam rencana pemasaran suatu bisnis. Keberadaan PR sangat penting dalam menentukan ... Artikel Bisnis

  • Gledur, Alat Unik Membuat Sawah Lebih ProduktifPenggunaan pupuk bagi petani saat ini dirasa masih kurang efektif dan efisien. Pupuk terlalu banyak digunakan, namun hasil panen tidak maksimal dan efek pupuk bahkan menjadi perusak lingkungan sekitar. Amir Notoyudo, pria asal Rawabelong, Jakarta Barat ini berhasil menemukan sebuah alat untuk ... Artikel Bisnis

  • Hal-Hal Penting Dalam Memilih SoftwareMemilih software bisnis yang tepat turut menyumbang keberhasilan bisnis Anda. Software bisnis melakukan banyak proses dengan otomatis sehingga sangat menghemat waktu dan efisien. Anda harus menentukan jenis software apa yang tepat bagi bisnis Anda seperti akunting, manajemen proyek, sumber daya ... Artikel Bisnis

  • Mau Ekspor Produk Rotan Ke Jepang? Ini SyaratnyaSebagai negara tujuan ekspor Indonesia, pasar Jepang menyimpan potensi bisnis yang demikian banyak. Jika Anda berminat berbisnis, mungkin Anda dapat membidik pasar Jepang yang peluangnya masih banyak. Di antara begitu banyak peluang bisnis tersebut, produk perabotan rotan merupakan primadona. ... Artikel Bisnis

  • inilah 4 Jenis Pelanggan dalam BisnisBisnis tentu erat kaitannya dengan pelanggan. Untuk memaksimalkan penjualan produk yang kita miliki ada baiknya kita mengenal beberapa jenis kelompok pelanggan. Dengan mengidentifikasi kelompok mana yang potensial kita bisa membuat strategi penjualan dengan baik dan tidak sia-sia. 1. Grade ... Artikel Bisnis


Jual Beli Online



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top