BeritaSatu - Hiburan: Kemdikbud Kembali Gelar Nonton Bareng Film Inspiratif

BeritaSatu - Hiburan: Kemdikbud Kembali Gelar Nonton Bareng Film Inspiratif

BeritaSatu - Hiburan
// via fulltextrssfeed.com
Kemdikbud Kembali Gelar Nonton Bareng Film Inspiratif
May 24th 2013, 05:24

Batanghari - Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menggelar kegiatan "Persemaian Nilai Budaya Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa" melalui program dengan tajuk "Nonton Bareng Film Inspiratif - Film Berkarakter Inspirasi Kita". Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang sama yang telah sukses digelar tahun lalu.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter bangsa kepada pelajar dengan menggunakan media seni budaya, yaitu melalui film berkualitas. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memetakan kebutuhan bahan ajar dan memberikan bahan ajar alternatif di bidang kebudayaan untuk guru di Indonesia.

Direktorat Jenderal Kebudayaan menyadari bahwa media film memang sengaja dipilih karena merupakan salah satu media yang dapat menjadi sarana penyampaian pesan persemaian karakter. Film atau media audiovisual juga menjadi media pendidikan yang efektif bagi anak ketika pembiasaan membaca masih rendah.

"Proses internalisasi nilai melalui film diharapkan dapat menciptakan karakter positif melalui karakter-karakter baik yang diperankan dalam film yang bersangkutan, sehingga dapat menjadi inspirasi bagi khalayak ramai," ungkap pakar politik, Kacung Marijan di Batanghari, Jambi, Rabu (24/5).

Menurut para ahli, film mempunyai efek magic cukup kuat dalam mempengaruhi orang. Film juga bisa menjadi alat pendekatan komunikatif (communicative approach) yang sangat baik dalam dunia pendidikan.

"Pendidikan karakter bangsa bisa dilakukan dengan dibuatnya film-film mengenai perjuangan warga Indonesia dalam mempertahankan idealisme dan keyakinan rasa cinta pada Indonesia. Lewat audio-visual akan mudah menumbuhkembangkan nilai kebangsaan yang kian terkikis. Nilai yang ada di film akan lebih mudah dicerna," tutur Kacung Marijan.

Kegiatan tersebut juga diharapkan mampu membangun kesadaran para pendidik, pemuda, dan tokoh masyarakat lokal, tentang pentingnya menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter bangsa.

Bonus Demografi
Kacung Marijan menyebutkan Indonesia memperoleh karunia yang tidak dimiliki negara lain, yaitu adanya kelompok usia produktif dalam jumlah sangat besar, yakni sekitar 70 persen dari total populasi. Karunia inilah yang sering disebut sebagai bonus demografi . Namun, bonus tersebut dapat berubah menjadi bencana tatkala tidak dikelola dengan baik.

Terkait dengan pengelolaan itu, salah satu hal yang sangat penting adalah dunia pendidikan. Dunia pendidikan merupakan tempat yang memungkinkan adanya pembudayaan, yaitu proses internalisasi nilai-nilai, norma – norma, hukum, dan kerangka berpikir, serta keterampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi, bagi peserta didik.

Para ahli pendidik dan perumus kebijakan sudah cukup lama menyadari pentingnya perubahan pola pikir dalam diri peserta didik. Pola pikir sendiri terkait dengan pola belajar, interaksi antara guru dan murid, serta materi pembelajaran. Maka, muncullah proses belajar siswa aktif. Dalam proses belajar demikian, para peserta didorong untuk belajar lebih mandiri, sedangkan para guru lebih banyak berfungsi melakukan pembimbingan.

Dalam proses belajar demikian, para peserta didik juga diberi kesempatan untuk mendiskusikan apa yang dipelajarinya bersama-sama dalam kelas. "Film merupakan salah satu media yang paling diterima dan mudah dicerna oleh banyak kalangan," ungkap Kacung Marijan.

Rencananya, kegiatan "Nonton Bareng Film Inspiratif 2013" ini akan digelar di 30 kota di seluruh Indonesia. Kota-kota yang dipilih adalah kota-kota yang tidak atau belum memiliki sarana gedung bioskop, sehingga dapat memberi kesempatan bagi pelajar, guru, dan tenaga pendidik di daerah untuk menonton film berkualitas, sehingga dapat menginspirasi dan merangsang mereka untuk berdiskusi mengenai nilai budaya yang terdapat dalam film tersebut.

Film-film yang akan ditayangkan dalam acara Nonton Bareng ini adalah film nasional yang dinilai mewakili nilai-nilai positif guna persemaian karakter dan semangat kebangsaan, seperti Cita-citaku Setinggi Tanah, Pasukan Kapiten, Brandal-brandal Ciliwung, Tanah Surga Katanya, 9 Autumns 10 Summers, Negeri 5 Menara, dan beberapa judul film lainnya.

Target peserta dalam acara nonton bareng ini adalah pelajar dan masyarakat. Mereka, antara lain siswa sekolah dasar sampai sekolah menengah atas, guru, tenaga pendidik, organisasi mahasiswa, pemuda, tokoh masyarakat, pimpinan organisasi kemasyarakatan, dan pemangku kepentingan pendidikan di daerah.

Di Kabupaten Batanghari, Jambi, film-film yang akan diputar, antara lain 9 Summers 10 Autumns untuk para guru, Cita-citaku Setinggi Tanah untuk para siswa, serta Pengejar Angin untuk umum.

Acara ini juga akan diisi dengan talkshow yang akan menghadirkan para pemangku kepentingan dan juga kalangan artis. Diharapkan, talkshow tersebut juga dapat menjadi inspirasi bagi para pelajar, tenaga pendidik dan juga pemangku kepentingan lainnya, dalam pengembangan karakter bangsa dan dunia pendidikan di Indonesia pada umumnya.

Berikut daftar 30 kota yang menggelar "Nonton Bareng Film Inspiratif":

1. Kabupaten Batanghari, Jambi
2. Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu
3. Kabupaten Lampung Tengah, Lampung
4. Kabupaten Langsa, Aceh
5. Kabupaten Toba Samosir, Sumut
6. Kota Pariaman, Sumbar
7. Kabupaten Tangerang, Banten
8. Kabupaten Lebak, Banten
9. Kabupaten Pandeglang, Banten
10. Kabupaten Garut, Jabar
11. Kota Cimahi, Jabar
12. Kabupaten Wonogiri, Jateng
13. Kabupaten Kulonprogo, DIY
14. Kabupaten Brebes, Jateng
15. Kota Blitar, Jawa Timur
16. Kota Batu, Jawa Timur
17. Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
18. Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur
19. Kabupaten Buleleng, Bali
20. Kabupaten Lombok Barat, NTB
21. Kabupaten Belu, NTT
22. Kabupaten Pontianak, Kalbar
23. Kabupaten Katingan, Kalteng
24. Kota Tarakan, Kalimantan Utara
25. Kabupaten Gowa, Sulsel
26. Kabupaten Donggala, Sulteng
27. Kabupaten Gorontalo, Gorontalo
28. Kota Ternate, Maluku Utara
29. Kota Manokwari, Papua Barat
30. Kabupaten Nabire, Papua

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top