Senin, 25 Juni 2012 - 15:06:30 WIB
7 Karakter Kepala Toko Handal
Diposting oleh : septian - Dibaca: 377 kali
Kepala toko atau manajer toko dalam sebuah bisnis ritel merupakan prajurit lini depan yang akan ‘berperang’ menghadapi para calon pelanggan. Ia merupakan orang yang langsung memimpin timnya dalam melayani pelanggan, mencapai target, menjaga imej, membangun relasi pelanggan, dan sebagainya.
Sering kali para pebisnis ritel mengalami kesulitan dalam memilih seorang kepala toko yang mumpuni. Banyak juga pebisnis ritel yang akhirnya gulung tikar karena salah pilih komandan di lapangan. Berikut beberapa karakter yang harus dimiliki seorang kepala toko:
1. Sales oriented
Kepala toko wajib mensosialisasikan target-target yang harus dipenuh oleh timnya dan selalu memonitor perkembangan dalam pencapaian target tersebut. Ia juga sebaiknya memiliki strategi tersendiri untuk mencapai target yang dibebankan kepada timnya.
2. Pandai membangun relasi
Relasi dibentuk dengan aktivitas-aktivitas promosi yang melibatkan pelanggan. Dari situ interaksi dengan pelanggan dapat dibangun. Relasi yang baik hendaknya yang mengedepankan komunikasi dua arah. Bukan hanya kita yang menawarkan sesuatu tapi juga meminta masukan kepada pelanggan untuk kemajuan toko.
3. Menguasai administrasi
Administrasi walaupun kelihatannya sepele namun bila tidak ditangani dengan baik dapat merugikan toko, karena rata-rata 20% kehilangan barang bersumber dari penanganan administratasi yang kurang baik. Jadi selalu terapkan 1-day administration yang berarti tidak ada kegiatan administrasi yang ditunda sampai hari esok, semuanya harus selesai pada hari itu juga.
5. Menguasai inventory management dan merchandising
Seorang kepala toko harus handal dalam mengatur kebutuhan barang, mana barang yang harus ditambah stoknya dan mana yang dikurangi., mana yang slow moving, fast moving, dan dead stock. Dengan adanya kemampuan ini maka biaya pun bisa ditekan seefisien mungkin.
6. Mampu dalam bernegosiasi
Mampu dan luwes dalam bernegosiasi baik dengan pemasok atau dengan pihak lain (misalnya promo bareng, membuat perjanjian consignment barang, dll) Sehingga dapat meningkatkan sales/margin, meringankan cash flow atau menekan biaya.
7. Logis dan memiliki daya nalar tinggi
Kepala toko harus selalu cepat tanggap dalam merespon segala permasalahan yang ada di toko, baik menyangkut masalah karyawan, operasional toko, pelanggan, pemasok maupun pihak eksternal lainnya. Jangan menunda masalah. Selesaikan setiap masalah secepatnya.
Untuk membentuk karakter kepala toko Anda menjadi handal memang dibutuhkan waktu. Berikan pelatihan yang intensif dan bangun komunikasi dengan mereka secara intensif. (UKMsukses /ian)

Diposting oleh : septian - Dibaca: 377 kali
Kepala toko atau manajer toko dalam sebuah bisnis ritel merupakan prajurit lini depan yang akan ‘berperang’ menghadapi para calon pelanggan. Ia merupakan orang yang langsung memimpin timnya dalam melayani pelanggan, mencapai target, menjaga imej, membangun relasi pelanggan, dan sebagainya.
Sering kali para pebisnis ritel mengalami kesulitan dalam memilih seorang kepala toko yang mumpuni. Banyak juga pebisnis ritel yang akhirnya gulung tikar karena salah pilih komandan di lapangan. Berikut beberapa karakter yang harus dimiliki seorang kepala toko:
1. Sales oriented
Kepala toko wajib mensosialisasikan target-target yang harus dipenuh oleh timnya dan selalu memonitor perkembangan dalam pencapaian target tersebut. Ia juga sebaiknya memiliki strategi tersendiri untuk mencapai target yang dibebankan kepada timnya.
2. Pandai membangun relasi
Relasi dibentuk dengan aktivitas-aktivitas promosi yang melibatkan pelanggan. Dari situ interaksi dengan pelanggan dapat dibangun. Relasi yang baik hendaknya yang mengedepankan komunikasi dua arah. Bukan hanya kita yang menawarkan sesuatu tapi juga meminta masukan kepada pelanggan untuk kemajuan toko.
3. Menguasai administrasi
Administrasi walaupun kelihatannya sepele namun bila tidak ditangani dengan baik dapat merugikan toko, karena rata-rata 20% kehilangan barang bersumber dari penanganan administratasi yang kurang baik. Jadi selalu terapkan 1-day administration yang berarti tidak ada kegiatan administrasi yang ditunda sampai hari esok, semuanya harus selesai pada hari itu juga.
5. Menguasai inventory management dan merchandising
Seorang kepala toko harus handal dalam mengatur kebutuhan barang, mana barang yang harus ditambah stoknya dan mana yang dikurangi., mana yang slow moving, fast moving, dan dead stock. Dengan adanya kemampuan ini maka biaya pun bisa ditekan seefisien mungkin.
6. Mampu dalam bernegosiasi
Mampu dan luwes dalam bernegosiasi baik dengan pemasok atau dengan pihak lain (misalnya promo bareng, membuat perjanjian consignment barang, dll) Sehingga dapat meningkatkan sales/margin, meringankan cash flow atau menekan biaya.
7. Logis dan memiliki daya nalar tinggi
Kepala toko harus selalu cepat tanggap dalam merespon segala permasalahan yang ada di toko, baik menyangkut masalah karyawan, operasional toko, pelanggan, pemasok maupun pihak eksternal lainnya. Jangan menunda masalah. Selesaikan setiap masalah secepatnya.
Untuk membentuk karakter kepala toko Anda menjadi handal memang dibutuhkan waktu. Berikan pelatihan yang intensif dan bangun komunikasi dengan mereka secara intensif. (UKMsukses /ian)
'7 Karakter Kepala Toko Handal':
Artikel Bisnis Lainnya
- Cara Simpel Kembangkan Bisnis RitelMungkin keinginan Anda membangun mal baru sebatas impian. Usaha yang Anda miliki saja baru berupa butik kecil. Namun poin-poin yang diungkapkan Handaka Sentosa, CEO Senayan City, di bawah ini akan memberikan Anda petunjuk dan arah dalam memegang kendali bisnis terutama di bidang retail atau ... Artikel Bisnis
- Contohlah Perusahaan Ini Dalam Pemakaian InstagramDalam dunia bisnis, Instagram sebagai jejaring sosial menjadi salah satu alat pemasaran baru yang berpotensi besar untuk meningkatkan performa bisnis sebuah perusahaan baik yang berskala kecil dan besar. Sejumlah merek bahkan tercatat sudah mampu melakukan banyak upaya inovatif dalam memanfaatkan ... Artikel Bisnis
- Taktik Pemasaran Online Untuk UKMSaat Anda mulai menjalankan bisnis baru, Anda harus merbut perhatian konsumen. Salah satu cara tercepat untuk memulai ialah dengan memudahkan calon pembeli menemukan Anda. Mulailah dengan mengembangkan taktik marketing yang memberikan nilai tambah dan melibatkan pelanggan lebih ... Artikel Bisnis
- Mengatasi Diskriminasi Gender Dalam Dunia KerjaCEO Facebook Sheryl Sandberg baru-baru ini menyatakan dalam World Economic Forum di Swiss, “Kami menghargai pria karena kepemimpinan, sikap asertif, keberanian mengambil risiko, tak ragu bersaing; kami mengajari wanita untuk bersantai, bersosialisasi. Kami mendorong wanita untuk bersikap ... Artikel Bisnis
- Manarik Laba Dari Ternak Sapi RumahanPopulasi penduduk di Indonesia terbesar keempat di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat. Jumlah penduduk yang tinggi diikuti pula dengan meningkatnya konsumsi daging sapi di tanah air terutama ketika hari raya tiba. Untuk memenuhi permintaan pasar yang kian melonjak, usaha peternakan sapi ... Artikel Bisnis
Jual Beli Online